DAFTAR ISI
§ Kata
Pengantar............................................................................................... i
§ Daftar
Isi....................................................................................................... ii
§ Bab I Pendahuluan............................................................................. 1
ü Latar Belakang................................................................... 1
ü Permasalahan...................................................................... 2
ü Tujuan................................................................................. 2
ü Manfaat.............................................................................. 2
§ Bab II Tinjauan
Pustaka...................................................................... 4
§ Bab III Pembahasan............................................................................. 7
ü Klasifikasi Komputer......................................................... 7
ü Sejarah Komputer dan Perkembangannya......................... 9
§ Bab IV Penutup................................................................................ 28
ü Kesimpulan....................................................................... 28....
ü Saran................................................................................. 28
§ Daftar Pustaka............................................................................................. 29
BAB I PENDAHULUAN
Ø Latar Belakang :
Latar Belakang disusunnya makalah
ini ialah untuk membahas mengenai sejarah komputer dan perkembangannya.
Inti dari makalah ini ialah untuk
mengetahui klasifikasi komputer, sejarah komputer menurut periodenya dan
sejarah perkembangannya.
Komputer yang ada sekarang memiliki
kemampuan yang lebih dari sekedar perhitungan matematik biasa.
Hampir seluruh aspek kehidupan manusia saat ini
tidak dapat dilepaskan dari teknologi, khususnya teknologi komputer. Dapat
dilihat bahwa untuk menuliskan suatu dokumen, orang cenderung sudah
meninggalkan mesin ketik manual dan sudah digantikan perannya oleh komputer.
Kasir di suatu pertokoan besar
(supermarket) sudah menggunakan peralatan otomatis berupa komputer yang
didesain khusus untuk keperluan itu, diantaranya adalah sistem komputer di
kassa supermarket yang mampu membaca kode barang belanjaan. Kumpulan lagu -
lagu yang sebelumnya hanya dapat didengarkan melalui media kaset atau piringan
hitam, saat ini sudah mulai dikemas dalam bentuk compact disk (CD) yang dapat
didengarkan dengan menggunakan komputer multimedia. Sentral telepon yang
menangani jutaan panggilan dan komunikasi, jaringan komputer dan internet yang
menghubungkan berbagai tempat di dunia, belum lagi perkembangan teknologi komputer
di bidang kesehatan yang maju sangat pesat untuk membantu diagnosa penyakit dan
proses penyembuhannya. Dan masih banyak lagi bidang - bidang kehidupan manusia
yang saat ini sudah menggunakan peralatan komputer.
Ø Permasalahan :
Berdasarkan latar belakang masalah
yang telah diuraikan terdahulu, maka dapat dirumuskan bahwa permasalahannya
ialah “ Bagaimana Sejarah Komputer dan Perkembangannya ? ”
Dari paparan di atas, inti permasalahan dari makalah ini adalah:
1. Apa
yang anda ketahui mengenai klasifikasi komputer ?
2. Jelaskan
sejarah komputer dan perkembangannya !
Ø Tujuan :
Secara umum, tujuan penulisan
makalah ini ialah “ Sejarah Komputer dan Perkembangannya “.
Sedangkan tujuan penulisan makalah
ini secara khusus ialah :
1. Untuk mengetahui klasifikasi komputer,
2. Untuk mengetahui sejarah komputer dan perkembangannya, dan
3. Untuk menambah wawasan dan pengetahuan.
Ø Manfaat :
Manfaat penulisan makalah ini ialah
agar kita selaku mahasiswa dapat mengetahui sejarah komputer dan
perkembangannya, bukan hanya tahu menggunakannya tetapi juga tahu bagaimana
awal mula komputer dan perkembangannya hingga sekarang.
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
Sejak dahulu kala, proses
pengolahan data telah dilakukan oleh manusia. Manusia juga menemukan alat -
alat mekanik dan elektronik untuk membantu manusia dalam penghitungan dan
pengolahan data supaya bisa mendapatkan hasil lebih cepat. Komputer yang kita
temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuan - penemuan manusia
sejak dahulu kala berupa alat mekanik maupun elektronik.
Komputer (computer) diambil dari
bahasa Latin ”computare” yang berarti
menghitung.
Beberapa definisi - definisi tentang komputer
sebagai berikut:
Komputer adalah:
§ Alat
elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses
input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan
hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.
§ Sistem
elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan
diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input,
memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi - instruksi yang
telah tersimpan di dalam memori.
§ Mesin
penghitung elektronik yang cepat dapat menerima informasi input digital, memprosesnya
sesuai dengan suatu program yang tersimpan di memorinya (stored program) dan
menghasilkan output informasi.
§ Suatu
pemroses data (data processor) yang dapat melakukan perhitungan yang besar dan
cepat, termasuk perhitungan aritmatika yang besar atau operasi logika, tanpa
campur tangan dari manusia mengoperasikan selama pemrosesan.
§ Tipe
khusus alat penghitung yang mempunyai sifat tertentu yang pasti.
§ Perangkat
elektronika yang dapat menerima dan mengolah data menjadi informasi,
menjalankan program yang tersimpan dalam memori, serta dapat bekerja secara
otomatis dengan aturan tertentu.
Sebuah sistem komputer tersusun
atas tiga elemen, yaitu
1. Hardware
(Perangkat Keras), merupakan rangkaian elektronika
2. Software
(Perangkat Lunak), merupakan program yang dijalankan pada komputer
3. Brainware
(SDM)
Alat pengolah data dari sejak jaman
purba sampai saat ini bisa kita golongkan ke dalam 4 golongan besar, yaitu :
1. Peralatan
manual: yaitu peralatan pengolahan data yang sangat sederhana, dan faktor
terpenting dalam pemakaian alat ini adalah menggunakan tenaga tangan manusia.
2. Peralatan
Mekanik: yaitu peralatan yang sudah berbentuk mekanik yang digerakkan dengan tangan
secara manual.
3. Peralatan
Mekanik Elektronik: Peralatan mekanik yang digerakkan oleh secara otomatis oleh
motor elektronik.
4. Peralatan
Elektronik: Peralatan yang bekerjanya secara elektronik penuh.
v KLASIFIKASI KOMPUTER
1. Berdasarkan
Sinyal Masukan
Berdasarkan sinyal masukan,
komputer dapat diklasifikasikan menjadi :
1. Komputer Analog, menerima sinyal
masukan berupa data analog.
Contohnya
: Komputer penghitung aliran BBM dalam SPBU.
2. Komputer Digital, mernerima masukan
digital, merupakan komputer kebanyakan yang kita kenal.
Contohnya
: komputer PC dll.
3. Komputer hibrid, menerima masukan
analog dan digital.
Contohnya
: Faxsimile.
2. Berdasarkan
Ukuran
Berdasarkan
ukuran fisik dan kapabilitasnya, komputer dapat diklasifikasikan menjadi.
1. Komputer mikro, berukuran kecil,
biasanya dipergunakan oleh satu orang. Contoh : PC, Notebook, Palmtop, PDA, dll
2. Komputer Mini, berukuran lebih
besar, biasa digunakan untuk kebutuhan pekerjaan yang lebih besar juga. Contoh
: Komputer Alfa, dll
3. Supercomputer, merupakan komputer
berkinerja amat tinggi, biasanya untuk memenuhi kebutuhan pemprosesan yang amat
besar. Contoh : Cray, DeepBlue, EarthSimulator, dll
4. Mainframe.
3. Berdasarkan
Generasi
Berdasarkan
generasi teknologi penyusunnya, komputer dapat diklasifikasikan menjadi :
1. Generasi I, tahun 1946-1959,
menggunakan tabung hampa.
2. Generasi II, tahun 1959-1965,
menggunakan transistor.
3. Generasi III, tahun 1965-1970, menggunakan
IC (Integrated Circuit).
4. Generasi IV, tahun 1970-sekarang,
menggunakan VLSI (Very Large Scale IC).
4. Berdasarkan
Tujuan Pembuatan
Berdasarkan
tujuan pembuatan, komputer dapat diklasifikasikan menjadi :
1. General Purpose, merupakan komputer
yang dikembangkan untuk kebutuhan umum. Contoh : PC, Notebook, dll.
2. Special Purpose, merupakan komputer
yang dikembangkan untuk kebutuhan khusus. Contoh : Komputer khusus untuk
bermain catur.
v SEJARAH KOMPUTER DAN
PERKEMBANGANNYA
§ Sejarah Komputer berdasarkan Perkembangan Hardware
I.
Alat Hitung Tradisional
dan Kalkulator Mekanik
Abacus, yang muncul
sekitar 5000 tahun yang lalu di Asia kecil dan masih digunakan di beberapa
tempat hingga saat ini dapat dianggap sebagai awal mula mesin komputasi.
Alat ini memungkinkan penggunanya untuk
melakukan perhitungan menggunakan biji - bijian geser yang diatur pada sebuah
rak. Para pedagang di masa itu menggunakan Abacus untuk menghitung transaksi
perdagangan. Seiring dengan munculnya pensil dan kertas, terutama di Eropa,
Abacus kehilangan popularitasnya.
Setelah hampir 12 abad,
muncul penemuan lain dalam hal mesin komputasi. Pada tahun 1642, Blaise Pascal
(1623-1662), yang pada waktu itu berumur 18 tahun, menemukan apa yang ia sebut
sebagai kalkulator roda numerik (numerical
wheel calculator) untuk membantu ayahnya melakukan perhitungan pajak.
Kotak persegi kuningan
ini yang dinamakan Pascaline, menggunakan delapan roda putar bergerigi untuk
menjumlahkan bilangan hingga delapan digit. Alat ini merupakan alat penghitung
bilangan berbasis sepuluh. Kelemahan alat ini adalah hanya terbatas untuk
melakukan penjumlahan.
Tahun 1694, seorang
matematikawan dan filsuf Jerman, Gottfred Wilhem von Leibniz (1646-1716)
memperbaiki Pascaline dengan membuat mesin yang dapat mengalikan. Sama seperti
pendahulunya, alat mekanik ini bekerja dengan menggunakan roda-roda gerigi.
Dengan mempelajari
catatan dan gambar - gambar yang dibuat oleh Pascal, Leibniz dapat
menyempurnakan alatnya. Barulah pada tahun 1820, kalkulator mekanik mulai
populer. Charles Xavier Thomas de Colmar menemukan mesin yang dapat melakukan
empat fungsi aritmatik dasar.
Kalkulator mekanik Colmar, arithometer,
mempresentasikan pendekatan yang lebih praktis dalam kalkulasi karena alat
tersebut dapat melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.
Dengan kemampuannya, arithometer banyak dipergunakan hingga masa Perang Dunia
I.
Bersama - sama dengan Pascal dan
Leibniz, Colmar membantu membangun era komputasi mekanikal.
Awal mula komputer yang
sebenarnya dibentuk oleh seoarng profesor matematika Inggris, Charles Babbage
(1791-1871). Tahun 1812, Babbage memperhatikan kesesuaian alam antara mesin
mekanik dan matematika, mesin mekanik sangat baik dalam mengerjakan tugas yang
sama berulang kali tanpa kesalahan. Sedang matematika membutuhkan repetisi
sederhana dari suatu langkah-langkah tertenu. Masalah tersebut kemudian
berkembang hingga menempatkan mesin mekanik sebagai alat untuk menjawab
kebutuhan mekanik. Usaha Babbage yang pertama untuk menjawab masalah ini muncul
pada tahun 1822 ketika ia mengusulkan suatu mesin untuk melakukan perhitungan
persamaan differensial. Mesin tersebut dinamakan Mesin Differensial. Dengan menggunakan
tenaga uap, mesin tersebut dapat menyimpan program dan dapat melakukan
kalkulasi serta mencetak hasilnya secara otomatis. Setelah bekerja dengan Mesin
Differensial selama 10 tahun, Babbage tiba - tiba terinspirasi untuk memulai
membuat komputer general-purpose yang
pertama, yang disebut Analytical Engine.
Asisten Babbage, Augusta Ada King (1815-1842) memiliki peran penting dalam
pembuatan mesin ini. Ia membantu merevisi rencana, mencari pendanaan dari
pemerintah Inggris, dan mengkomunikasikan spesifikasi Anlytical Engine kepada publik. Selain itu, pemahaman Augusta yang
baik tentang mesin ini memungkinkannya membuat instruksi untuk dimasukkan ke
dlam mesin dan juga membuatnya menjadi programmer wanita yang pertama. Pada
tahun 1980, Departemen Pertahanan Amerika Serikat menamakan sebuah bahasa
pemrograman dengan nama ADA sebagai penghormatan kepadanya.
Mesin uap Babbage,
walaupun tidak pernah selesai dikerjakan, tampak sangat primitif apabila
dibandingkan dengan standar masa kini. Bagaimanapun juga, alat tersebut
menggambarkan elemen dasar dari sebuah komputer modern dan juga mengungkapkan
sebuah konsep penting. Terdiri dari sekitar 50.000 komponen, desain dasar dari
Analytical Engine menggunakan kartu - kartu perforasi (berlubang - lubang) yang
berisi instruksi operasi bagi mesin tersebut. Pada 1889, Herman Hollerith
(1860-1929) juga menerapkan prinsip kartu perforasi untuk melakukan
penghitungan. Tugas pertamanya adalah menemukan cara yang lebih cepat untuk
melakukan perhitungan bagi Biro Sensus Amerika Serikat. Sensus sebelumnya yang
dilakukan di tahun 1880 membutuhkan waktu 7 tahun untuk menyelesaikan
perhitungan. Dengan berkembangnya populasi, Biro tersebut memperkirakan bahwa
dibutuhkan waktu 10 tahun untuk menyelesaikan perhitungan sensus.
Hollerith menggunakan
kartu perforasi untuk memasukkan data sensus yang kemudian diolah oleh alat
tersebut secara mekanik. Sebuah kartu dapat menyimpan hingga 80 variabel. Dengan
menggunakan alat tersebut, hasil sensus dapat diselesaikan dalam waktu 6
minggu. Selain memiliki keuntungan dalam bidang kecepatan, kartu tersebut
berfungsi sebagai media penyimpan data. Tingkat kesalahan perhitungan juga dapat
ditekan secara drastis. Hollerith kemudian mengembangkan alat tersebut dan
menjualnya ke masyarakat luas. Ia mendirikan Tabulating Machine Company pada
tahun 1896 yang kemudian menjadi International Business Machine (1924) setelah
mengalami beberapa kali merger. Perusahaan lain seperti Remington Rand and
Burroghs juga memproduksi alat pembaca kartu perforasi untuk usaha bisnis.
Kartu perforasi digunakan oleh kalangan bisnis dan pemerintahan untuk
permrosesan data hingga tahun 1960.
Pada masa berikutnya,
beberapa insinyur membuat penemuan baru lainnya. Vannevar Bush (1890-1974)
membuat sebuah kalkulator untuk menyelesaikan persamaan differensial di tahun
1931.
Mesin tersebut dapat
menyelesaikan persamaan differensial kompleks yang selama ini dianggap rumit
oleh kalangan akademisi. Mesin tersebut sangat besar dan berat karena ratusan
gerigi dan poros yang dibutuhkan untuk melakukan perhitungan. Pada tahun 1903,
John V. Atanasoff dan Clifford Berry mencoba membuat komputer elektrik yang
menerapkan aljabar Boolean pada sirkuit elektrik. Pendekatan ini didasarkan
pada hasil kerja George Boole (1815-1864) berupa sistem biner aljabar, yang
menyatakan bahwa setiap persamaan matematik dapat dinyatakan sebagai benar atau
salah. Dengan mengaplikasikan kondisi benar - salah ke dalam sirkuit listrik
dalam bentuk terhubung - terputus, Atanasoff dan Berry membuat komputer
elektrik pertama di tahun 1940. Namun proyek mereka terhenti karena kehilangan
sumber pendanaan.
II.
Komputer Generasi
Pertama (1946-1959)
Dengan terjadinya
Perang Dunia Kedua, Negara - negara yang terlibat dalam perang tersebut
berusaha mengembangkan komputer untuk mengeksploit potensi strategis yang
dimiliki komputer. Hal ini meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta
mempercepat kemajuan teknik komputer.
Pada tahun 1941, Konrad Zuse,
seorang insinyur Jerman membangun sebuah komputer, Z3, untuk mendesain pesawat
terbang dan peluru kendali.
Pihak sekutu juga
membuat kemajuan lain dalam pengembangan kekuatan komputer. Tahun 1943, pihak
Inggris menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yang dinamakan Colossus
untuk memecahkan kode rahasia yang digunakan Jerman. Dampak pembuatan Colossus
tidak terlalu mempengaruhi perkembangan industri komputer dikarenakan dua
alasan, yaitu :
1. Colossus bukan merupakan komputer serbaguna (general-purpose computer), ia hanya didesain untuk memecahkan kode
rahasia.
2. Keberadaan mesin ini dijaga kerahasiaannya hingga satu dekade
setelah perang berakhir.
Usaha yang dilakukan
oleh pihak Amerika pada saat itu menghasilkan suatu kemajuan lain. Howard H.
Aiken (1900-1973), seorang insinyur Harvard yang bekerja dengan IBM, berhasil
memproduksi kalkulator elektronik untuk US Navy. Kalkulator tersebut berukuran
panjang setengah lapangan bola kaki dan memiliki rentang kabel sepanjang 500
mil. The Harvd-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator, atau Mark I,
merupakan komputer relai elektronik. Ia menggunakan sinyal elektromagnetik
untuk menggerakkan komponen mekanik. Mesin tersebut beropreasi dengan lambat
(ia membutuhkan 3-5 detik untuk setiap perhitungan) dan tidak fleksibel (urutan
kalkulasi tidak dapat diubah). Kalkulator tersebut dapat melakukan perhitungan
aritmatik dasar dan persamaan yang lebih kompleks.
Perkembangan komputer
lain pada masa kini adalah Electronic
Numerical Integrator and Computer (ENIAC), yang dibuat oleh kerjasama
antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania. Terdiri dari
18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder, computer
tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang mengkonsumsi daya sebesar
160kW.
Komputer ini dirancang
oleh John Presper Eckert (1919-1995) dn John W. Mauchly (1907-1980). ENIAC
merupakan komputer serbaguna (general purpose computer) yang bekerja
1000 kali lebih cepat dibandingkan Mark I.
Pada pertengahan
1940-an, John von Neumann (1903-1957) bergabung dengan tim University of
Pennsylvania dalam usaha membangun konsep desain komputer yang hingga 40 tahun
mendatang masih dipakai dalam teknik komputer. Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable
Automatic
Computer (EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuah memori untuk
menampung baik program ataupun data. Teknik ini memungkinkan komputer untuk
berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali. Kunci
utama arsitektur von Neumann adalah unit pemrosesan sentral (CPU), yang
memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui satu sumber
tunggal. Tahun 1951, UNIVAC I (Universal
Automatic Computer I) yang dibuat oleh Remington Rand, menjadi komputer
komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur von Neumann tersebut.
Baik Badan Sensus
Amerika Serikat dan General Electric memiliki UNIVAC. Salah satu hasil
mengesankan yang dicapai oleh UNIVAC dalah keberhasilannya dalam memprediksi
kemenangan Dwilight D. Eisenhower dalam pemilihan presiden tahun 1952.
Komputer Generasi
pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara
spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program
kode-biner yang berbeda yang disebut “bahasa mesin” (machine language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk
diprogram dan membatasi kecepatannya.
Ciri lain komputer
generasi pertama adalah penggunaan tube vakum (yang membuat komputer pada masa
tersebut berukuran sangat besar) dan silinder magnetik untuk penyimpanan data.
III.
Komputer Generasi Kedua
(1959-1964)
Pada tahun 1948,
penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor
menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran
mesin - mesin elektrik berkurang drastis.
Transistor mulai
digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956. Penemuan lain yang berupa pengembangan
memori inti - magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih
kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding
para pendahulunya.
Mesin pertama yang memanfaatkan
teknologi baru ini adalah super komputer. IBM membuat super komputer bernama
Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC. Komputer - komputer ini,
yang dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah
besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom. Mesin
tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi
bisnis, sehingga membatasi kepopulerannya. Hanya ada dua LARC yang pernah
dipasang dan digunakan, satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore,
California, dan yang lainnya di US Navy Research and Development Center di
Washington D.C. Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa
assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singakatan
untuk menggantikan kode biner.
Pada awal 1960-an,
mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, di
universitas, dan di pemerintahan. Komputer - komputer generasi kedua ini
merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga memiliki
komponen - komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini:
printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program.
Salah satu contoh
penting komputer pada masa ini adalah IBM 1401 yang diterima secara luas di
kalangan industri. Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis - bisnis besar
menggunakan komputer generasi kedua untuk memproses informasi keuangan.
Program yang tersimpan
di dalam komputer dan bahasa pemrograman yang ada di dalamnya memberikan
fleksibilitas kepada komputer. Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja dengan
harga yang pantas bagi penggunaan bisnis. Dengan konsep ini, komputer dapat
mencetak faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan desain produk atau
menghitung daftar gaji.
Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan
pada saat itu. Bahasa pemrograman Common
Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula
Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Bahasa pemrograman ini
menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata - kata, kalimat, dan formula
matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Hal ini memudahkan seseorang
untuk memprogram dan mengatur komputer. Berbagai macam karir baru bermunculan (programmer, analyst, dan ahli sistem komputer). Industri piranti lunak juga
mulai bermunculan dan berkembang pada masa komputer generasi kedua ini.
IV.
Komputer Generasi
Ketiga (1964-1970)
Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor
menghasilkan panas
yang cukup besar, yang
dapat berpotensi merusak bagian bagian internal komputer.
Batu
kuarsa (quartz rock)
menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument,
mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam
sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Pada ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponenkomponen ke dalam suatu chip
tunggal yang disebut semikonduktor.
Hasilnya,
komputer menjadi semakin kecil karena
komponen komponen dapat
dipadatkan
dalam chip.
Kemajuan komputer generasi ketiga
lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating
system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang
berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan
mengkoordinasi memori komputer.
V.
Komputer Generasi
Keempat (1979-Sekarang)
Setelah IC,
tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan
ukuran sirkuit dan
komponen komponen elektrik. Large
Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan
komponen dalam sebuah chip.
Pada tahun 1980an, Very
Large
Scale Integration (VLSI) memuat ribuan
komponen dalam
sebuah chip
tunggal.
UltraLarge Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah
tersebut menjadi jutaan. Kemampuan untuk memasang
sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukurang setengah
keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Hal
tersebut juga meningkatkan daya kerja,
efisiensi dan keterandalan komputer.
Chip Intel 4004
yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada
IC dengan meletakkan
seluruh komponen
dari
sebuah komputer (central
processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah
chip yang sangat kecil. Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas
tertentu yang
spesifik.
Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat
diproduksi
dan kemudian diprogram untuk
memenuhi seluruh kebutuhan yang
diinginkan. Tidak
lama kemudian, setiap perangkat rumah tangga seperti microwave oven,
televisi, dan mobil dengan electronic fuel injection
dilengkapi dengan
mikroprosesor.
Perkembangan yang demikian memungkinkan orang
orang biasa
untuk menggunakan komputer
biasa.
Komputer
tidak lagi menjadi dominasi perusahaan perusahaan
besar atau
lembaga pemerintah. Pada pertengahantahun
1970an, perakit komputer menawarkan produk
komputer mereka ke masyarakat umum. Komputer komputer ini, yang disebut
mini komputer,
dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak
yang paling populer
pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet. Pada awal 1980an, video game seperti Atari
2600 menarik
perhatian konsumen
pada komputer
rumahan yang lebih
canggih dan dapat diprogram.
Pada tahun 1981, IBM
memperkenalkan
penggunaan Personal
Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit di tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit
di tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, 65 juta PC digunakan. Komputer
melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih
kecil, dari
komputer yang berada di
atas
meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat
dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang dapat
digenggam (palmtop).
IBM PC bersaing dengan Apple
Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer. Apple Macintosh menjadi terkenal
karena mempopulerkan sistem grafis pada komputernya, sementara saingannya masih
menggunakan komputer yang berbasis teks. Macintosh juga mempopulerkan
penggunaan piranti mouse.
Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan
IBM compatible dengan
pemakaian CPU: IBM PC/486,
Pentium, Pentium II, Pentium
III,
Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini
semua masuk dalam
golongan komputer generasi
keempat.
Seiring dengan menjamurnya penggunaan komputer
di tempat kerja, cara cara
baru untuk menggali potensial terus dikembangkan. Seiring dengan bertambah
kuatnya
suatu
komputer kecil, komputer
komputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan
dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori, piranti lunak, informasi,
dan juga untuk dapat
saling berkomunikasi satu
dengan yang
lainnya. Komputer jaringan memungkinkan komputer
tunggal untuk
membentuk kerjasama elektronik untuk
menyelesaikan
suatu
proses tugas. Dengan menggunakan perkabelan langsung (disebut juga local area
network, LAN), atau kabel telepon, jaringan ini dapat berkembang menjadi sangat besar.
VI.
Komputer Generasi Kelima
Mendefinisikan
komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat muda. Contoh imajinatif komputer generasi
kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul
2001:Space Odyssey. HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah
komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence), HAL dapat cukup memiliki nalar untuk
melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan belajar dari pengalamannya sendiri.
Walaupun mungkin
realisasi HAL9000 masih jauh dari kenyataan, banyak fungsi fungsi yang
dimilikinya sudah terwujud. Beberapa komputer dapat menerima instruksi secara
lisan dan mampu meniru nalar manusia. Kemampuan untuk menterjemahkan bahasa
asing juga menjadi mungkin. Fasilitas ini tampak sederhana. Namun fasilitas
tersebut menjadi jauh lebih rumit dari yang diduga ketika programmer menyadari
bahwa pengertian manusia sangat bergantung pada konteks dan pengertian
ketimbang sekedar menterjemahkan kata kata secara langsung.
Banyak kemajuan
di bidang desain komputer dan teknologi semakin memungkinkan pembuatan komputer
generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan
pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model Von Neumann. Model Von Neumann
akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk
bekerja secara serempak.
Kemajuan lain
adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran
elektrik tanpa ada
hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan
informasi.
Jepang adalah
negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi
kelima. Lembaga ICOT (Institute for new
Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar
yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal,
namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer generasi
kelima ini akan membawa perubahan baru
paradigma komputerisasi di dunia.
§ Sejarah Komputer berdasarkan Perkembangan Software
A. Era Pioner
Bentuk perangkat lunak pada awalnya adalah
sambungansambungan kabel ke antar bagian dalam Komputer. Cara lain dalam mengakses komputer adalah menggunakan punched card yaitu kartu yang di lubangi. Penggunaan
komputer saat itu masih dilakukan secara langsung, sebuah program untuk
sebuah mesin untuk tujuan
tertentu. Pada era ini, perangkat lunak merupakan satu kesatuan
dengan perangkat kerasnya. Penggunaan komputer dilakukan secara langsung dan hasil yang selesai di
kerjakan komputer berupa print out.
Proses yang di lakukan di
dalam komputer berupa baris instruksi yang secara berurutan di proses. Contoh komputer pada era
ini adalah komputer ENIAC.
B. Era Stabil
Pada era stabil penggunaan
komputer sudah banyak di gunakan, tidak
hanya oleh kalangan peneliti dan akademi saja, tetapi juga oleh kalangan industri / perusahaan. Perusahaan perangkat lunak bermunculan, dan sebuah perangkat lunak dapat
Menjalankan beberapa fungsi, dari ini perangkat lunak
mulai bergeser menjadi sebuah produk. Barisbaris perintah perangkat lunak
yang di jalankan oleh komputer bukan lagi satusatu,
tapi
sudah seperti banyak proses yang di
lakukan secara serempak (multi tasking). Sebuah
perangkat lunak mampu
menyelesaikan
banyak
pengguna
(multi user) secara
cepat/langsung (real time). Pada era ini mulai di kenal sistem basis data, yang
memisahkan antara program (pemroses) dengan data (yang di proses).
C. Era Mikro
Sejalan dengan semakin luasnya PC dan jaringan komputer di era ini, perangkat
lunak juga berkembang untuk memenuhi kebutuhan perorangan. Perangkat lunak dapat di bedakan menjadi perangkat lunak sistem yang
bertugas
menangani internal dan perangkat lunak aplikasi yang digunakan
secara langsung oleh
penggunannya untuk keperluan tertentu. Automatisasi
yang ada di dalam perangkat lunak
mengarah
ke
suatu
jenis kecerdasan
buatan.
D. Era Modern
Saat ini perangkat lunak sudah terdapat dimana
mana, tidak hanya pada sebuah superkomputer dengan
25 prosesornya, sebuah komputer genggampun telah di lengkapi dengan perangkat lunak yang dapat disinkronkan dengan PC. Tidak hanya komputer, bahkan peralatan seperti
telepon, TV, hingga ke mesin cuci, AC dan microwave, telah di tanamkan perangkat
lunak untuk
mengatur operasi peralatan itu. Dan yang hebatnya lagi adalah setiap peralatan
itu akan mengarah pada suatu saat kelak akan
dapat saling terhubung.
Pembuatan sebuah perangkat
lunak bukan lagi pekerjaan segelentir orang,
tetapi telah menjadi pekerjaan banyak orang, dengan beberapa tahapan proses yang melibatkan berbagai disiplin ilmu dalam perancangannya. Tingkat
kecerdasan yang di
tunjukkan
oleh perangkat lunak pun semakin meningkat,
selain permasalahan teknis, perangkat
lunak sekarang mulai bisa mengenal suara dan gambar.
·
Kesimpulan :
Dari makalah yang telah disusun, penulis dapat menarik
kesimpulan bahwa dari dulu sampai sekarang teknologi tidak pernah tetap, selalu
berubah. Seperti halnya komputer, manusia yang dilengkapi akal oleh yang Maha
Kuasa selalu menemukan cara baru dalam mempercanggih dunia teknologi. Komputer
dari awal mulanya ditemukan sampai sekarang bisa kita lihat perkembangannya. Dan
bukan cuma sampai disini, perkembangan komputer masih berlanjut hingga masa
depan.
·
Saran :
Demikian
yang dapat penulis paparkan mengenai materi yang menjadi pokok bahasan dalam
makalah ini, tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahannya, kerena terbatasnya
pengetahuan dan kurangnya rujukan atau referensi yang ada hubungannya dengan
judul makalah ini.
Saran
dari penulis agar para pembaca yang budiman dapat memberikan kritik dan saran
yang membangun kepada penulis demi sempurnanya makalah ini, dan juga agar para
pembaca tidak hanya berhenti mencari tahu tentang perkembangan komputer tetapi
terus – menerus mencari dan mengetahui perkembangan komputer kedepannya. Semoga
makalah ini berguna bagi penulis dan juga para pembaca yang budiman pada
umumnya.
DAFTAR PUSTAKA
good :) friend :D
BalasHapusthankyou friend :)
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusmakasih banyak min
BalasHapuspinset hp