Selasa, Desember 06, 2011

Makalah Tanah Longsor Di Kota Ambon


DAFTAR ISI :
  • Bab I            Pendahuluan
ü  Latar Belakang
ü  Permasalahan
ü  Tujuan
ü  Manfaat
§  Bab II           Tinjauan Pustaka
  • Bab III          Pembahasan
o     Pengertian Tanah Longsor dan Gejala Umumnya
o     Penyebab Terjadinya Bencana Tanah Longsor di Kota Ambon
o     Contoh Kasus Tanah Longsor di Kota Ambon dan Kerugian yang Ditimbulkan
o     Laporan Bencana Tanah Longsor di Kota Ambon
o     Rekapitulasi dan Grafik Data Bencana di Kota Ambon
o     Tahapan Mitigasi Bencana Tanah Longsor
o     Strategi dan Upaya Penanggulangan Bencana Tanah Longsor di Kota Ambon
§  Bab IV           Kesimpulan dan Saran
a.       Kesimpulan
b.   Saran
  • Daftar Pustaka
  • Dokumentasi
BAB I PENDAHULUAN

ü  Latar Belakang :
Latar Belakang disusunnya makalah ini ialah untuk membahas mengenai masalah longsor yang sering terjadi di kota Ambon.
Inti dari makalah ini ialah untuk mengetahui penyebab terjadinya bencana alam khususnya bencana tanah longsor yang sering terjadi di kota Ambon, bagaimana kasus tanah longsor di kota Ambon, laporan data dan grafiknya, serta tindakan pencegahan yang dilakukan oleh masyarakat dan mahasiswa demi menjaga alam dan ekosistem yang berada di dalamnya.
Bencana adalah peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat yang disebabkan, baik oleh faktor alam dan/atau faktor non alam maupun faktor manusia sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda, dan dampak psikologis.
Bencana alam sebagai peristiwa alam dapat terjadi setiap saat dimana saja, kapan saja dan menimbulkan kerugian material dan imaterial bagi kehidupan masyarakat.
Pada prinsipnya tanah longsor terjadi bila gaya pendorong pada lereng lebih besar daripada gaya penahan. Gaya penahan umumnya dipengaruhi oleh kekuatan batuan dan kepadatan tanah. Sedangkan gaya pendorong dipengaruhi oleh besarnya sudut lereng, air, beban serta berat jenis tanah batuan.
Banyak akibat dari bencana tanah longsor ini yang mungkin dapat mengakibatkan kehilangan tempat tinggal, kerugian harta benda maupun korban jiwa dan menimbulkan kerusakan sarana dan prasarana lainnya yang membawa dampak sosial dan ekonomi, oleh karena itu pemahaman terhadap proses terjadinya gerakan tanah berikut faktor penyebabnya menjadi sangat penting bagi mahasiswa, pemerintah maupun masyarakat.

ü  Permasalahan :
Berdasarkan latar belakang masalah yang telah diuraikan terdahulu, maka dapat dirumuskan bahwa permasalahannya ialah “ Apa itu bencana tanah longsor , bagaimana kasus bencana tanah longsor di kota Ambon, laporan datanya dan bagaimana strategi dan upaya penanggulangan yang kita lakukan selaku warga kota Ambon untuk mencegah terjadinya bencana tanah longsor? ”
Dari paparan di atas,  inti permasalahan dari makalah ini adalah:
1.      Apa yang anda ketahui mengenai tanah longsor ?
2.      Apa penyebab terjadinya bencana alam tanah longsor?
3.      Contoh kasus tanah longsor di kota Ambon dan kerugian yang ditimbulkan !
4.      Bagaimana laporan data mengenai bencana tanah longsor yang pernah terjadi di kota Ambon?
5.      Apa tahapan mitigasi bencana tanah longsor ?
6.      Apa strategi dan upaya penanggulangan bencana tanah longsor di kota Ambon ?

ü  Tujuan :
Secara umum, tujuan penulisan makalah ini ialah “ Untuk mengetahui informasi mengenai longsor di Kota Ambon dan cara menanganinya “.
Sedangkan tujuan penulisan makalah ini secara khusus ialah :
1.      Untuk mengetahui pengertian tanah longsor.
2.      Untuk mengetahui gejala umum terjadinya tanah longsor.
3.      Untuk mengetahui penyebab terjadinya bencana alam tanah longsor.
4.      Untuk mengetahui wilayah di kota Ambon yang pernah terkena longsor parah dan bagaimana kerugiannya.
5.      Untuk melihat data – data , cara penanganan dan grafik bencana alam tanah longsor yang telah di rekap oleh BNPB atau pemerintah pusat.
6.      Untuk mengetahui tahapan mitigasi bencana tanah longsor.
7.      Untuk mengetahui strategi dan upaya penanggulangan bencana tanah longsor di kota Ambon.
8.      Untuk menambah wawasan dan pengetahuan.

ü  Manfaat :
Manfaat penulisan makalah ini ialah agar kita selaku warga masyarakat dapat mengetahui kasus bencana tanah longsor yang pernah terjadi di kota Ambon dan dampak yang ditimbulkan dari bencana tersebut, serta kita dapat menghimbau masyarakat untuk menjaga alam agar tidak terjadi bencana tanah longsor lagi pada saat musim hujan.
                                 
BAB II TINJAUAN PUSTAKA

Tanah longsor adalah terjadinya pergerakan tanah atau bebatuan dalam jumlah besar secara tiba-tiba atau berangsur yang umumnya terjadi didaerah terjal yang tidak stabil.  Faktor lain yang mempengaruhi terjadinya bencana ini adalah lereng yang gundul serta kondisi tanah dan bebatuan yang rapuh. Air hujan adalah pemicu utama terjadinya tanah longsor.  Ulah manusia pun bisa menjadi penyebab tanah longsor seperti penambangan tanah, pasir dan batu yang tidak terkendalikan.
Ada 6 jenis tanah longsor, yakni: longsoran translasi, longsoran rotasi, pergerakan blok, runtuhan batu, rayapan tanah, dan aliran bahan rombakan. Jenis longsoran translasi dan rotasi paling banyak terjadi di Indonesia. Sedangkan longsoran yang paling banyak memakan korban jiwa manusia adalah aliran bahan rombakan.
1.      Longsoran Translasi
Longsoran translasi adalah bergeraknya massa tanah dan batuan pada bidang gelincir berbentuk rata atau menggelombang landai.
2.      Longsoran Rotasi
Longsoran rotasi adalah bergeraknya massa tanah dan batuan pada bidang gelincir berbentuk cekung.
3.      Pergerakan Blok
Pergerakan blok adalah perpindahan batuan yang bergerak pada bidang gelincir berbentuk rata. Longsoran ini disebut juga longsoran translasi blok batu.
4.      Runtuhan Batu
Runtuhan batu terjadi ketika sejumlah besar batuan atau material lain bergerak ke bawah dengan cara jatuh bebas. Umumnya terjadi pada lereng yang terjal hingga menggantung terutama di daerah pantai. Batu - batu besar yang jatuh dapat menyebabkan kerusakan yang parah.
5.      Rayapan Tanah
Rayapan Tanah adalah jenis tanah longsor yang bergerak lambat. Jenis tanahnya berupa butiran kasar dan halus. Jenis tanah longsor ini hampir tidak dapat dikenali. Setelah waktu yang cukup lama longsor jenis rayapan ini bisa menyebabkan tiang - tiang telepon, pohon, atau rumah miring ke bawah.
6.      Aliran Bahan Rombakan
Jenis tanah longsor ini terjadi ketika massa tanah bergerak didorong oleh air. Kecepatan aliran tergantung pada kemiringan lereng, volume dan tekanan air, dan jenis materialnya. Gerakannya terjadi di sepanjang lembah dan mampu mencapai ratusan meter jauhnya. Di beberapa tempat bisa sampai ribuan meter seperti di daerah aliran sungai di sekitar gunung api. Aliran tanah ini dapat menelan korban cukup banyak.

Bencana tanah longsor terjadi karena proses alamiah dalam perubahan struktur muka bumi, yang dapat dipicu oleh beberapa faktor penyebab.
Faktor penyebab terjadinya gerakan pada lereng juga tergantung pada kondisi batuan dan tanah penyusun lereng, struktur geologi, curah hujan, vegetasi penutup dan penggunaan lahan pada lereng tersebut, namun secara garis besar dapat dibedakan sebagai faktor alami dan manusia.
Faktor alam :
Kondisi alam yang menjadi faktor utama terjadinya longsor antara lain:
§  Kondisi geologi: batuan lapuk, kemiriringan lapisan, sisipan lapisan
batu lempung, struktur sesar dan kekar, gempa bumi, stratigrafi dan
gunung api.
§  Iklim: curah hujan yang tinggi.
§  Keadaan topografi: lereng yang curam.
§  Keadaan tata air: kondisi drainase yang tersumbat, akumulasi massa air,
erosi dalam, pelarutan dan tekanan hidrostatika.
§  Tutupan lahan yang mengurangi tahan geser, misal tanah kritis.
Faktor manusia :
  Ulah manusia yang tidak bersabat dengan alam antara lain:
§  Pemotongan tebing pada penambangan batu dilereng yang terjal.
§  Penimbunan tanah urugan di daerah lereng.
§  Kegagalan struktur dinding penahan tanah.
§  Penggundulan hutan.
§  Budidaya kolam ikan diatas lereng.
§  Sistem pertanian yang tidak memperhatikan irigasi yang aman.
§  Sistem drainase daerah lereng yang tidak baik.

BAB III PEMBAHASAN


A.     Pengertian Tanah Longsor
Tanah longsor atau dalam bahasa Inggris disebut Landslide, adalah perpindahan material pembentuk lereng berupa batuan, bahan rombakan, tanah, atau material campuran tersebut, bergerak ke bawah atau keluar lereng. Proses terjadinya tanah longsor dapat diterangkan sebagai berikut: air yang meresap ke dalam tanah akan menambah bobot tanah. Jika air tersebut menembus sampai tanah kedap air yang berperan sebagai bidang gelincir, maka tanah menjadi licin dan tanah pelapukan di atasnya akan bergerak mengikuti lereng dan keluar lereng.
B.     Gejala Umum Tanah Longsor
·         Muncul retakan-retakan di lereng yang sejajar dengan arah tebing,
·         Muncul mata air secara tiba-tiba,
·         Air sumur di sekitar lereng menjadi keruh,
·         Tebing rapuh dan kerikil mulai berjatuhan.
C.     Penyebab Tanah Longsor di Kota Ambon
1.      Hujan
Ancaman tanah longsor biasanya dimulai pada bulan November seiring meningkatnya intensitas hujan. Musim kering yang panjang akan menyebabkan terjadinya penguapan air di permukaan tanah dalam jumlah besar. Muncullah pori-pori atau rongga tanah, kemudian terjadi retakan dan rekahan tanah di permukaan. Pada saat hujan, air akan menyusup ke bagian yang retak. Tanah pun dengan cepat mengembang kembali. Pada awal musim hujan, kandungan air pada tanah menjadi jenuh dalam waktu singkat. Hujan lebat pada awal musim dapat menimbulkan longsor karena melalui tanah yang merekah itulah, air akan masuk dan terakumulasi di bagian dasar lereng, sehingga menimbulkan gerakan lateral. Apabila ada pepohonan di permukaan, pelongsoran dapat dicegah karena air akan diserap oleh tumbuhan. Akar tumbuhan juga berfungsi sebagai pengikat tanah.


2.      Lereng terjal

Lereng atau tebing yang terjal akan memperbesar gaya pendorong. Lereng yang terjal terbentuk karena pengikisan air sungai, mata air, air laut, dan angin. Kebanyakan sudut lereng yang menyebabkan longsor adalah 180 apabila ujung lerengnya terjal dan bidang longsorannya mendatar.
3.      Tanah yang kurang padat dan tebal

Jenis tanah yang kurang padat adalah tanah lempung atau tanah liat dengan ketebalan lebih dari 2,5 meter dan sudut lereng > 220. Tanah jenis ini memiliki potensi untuk terjadinya tanah longsor, terutama bila terjadi hujan. Selain itu, jenis tanah ini sangat rentan terhadap pergerakan tanah karena menjadi lembek jika terkena air dan pecah jika udara terlalu panas.
4.      Batuan yang kurang kuat

Pada umumnya, batuan endapan gunungapi dan batuan sedimen berukuran pasir dan campuran antara kerikil, pasir, dan lempung kurang kuat. Batuan tersebut akan mudah menjadi tanah jika mengalami proses pelapukan dan umumnya rentan terhadap tanah longsor apabila terdapat pada lereng yang terjal.
5.      Jenis tata lahan

Tanah longsor banyak terjadi di daerah tata lahan persawahan, perladangan, dan adanya genangan air di lereng yang terjal. Pada lahan persawahan akarnya kurang kuat untuk mengikat butir tanah dan membuat tanah menjadi lembek dan jenuh dengan air sehingga mudah terjadi longsor. Sedangkan untuk daerah perladangan penyebabnya adalah karena akar pohonnya tidak dapat menembus bidang longsoran yang dalam dan umumnya terjadi di daerah longsoran lama.
6.      Getaran

Getaran yang terjadi biasanya diakibatkan oleh gempabumi, ledakan, getaran mesin, dan getaran lalulintas kendaraan. Akibat yang ditimbulkannya adalah tanah, badan jalan, lantai, dan dinding rumah menjadi retak.
7.      Susut muka air danau atau bendungan
Akibat susutnya muka air yang cepat di danau maka gaya penahan lereng menjadi hilang, dengan sudut kemiringan waduk 220 mudah terjadi longsoran dan penurunan tanah yang biasanya diikuti oleh retakan.

8.      Adanya beban tambahan

Adanya beban tambahan seperti beban bangunan pada lereng, dan kendaraan akan memperbesar gaya pendorong terjadinya longsor, terutama di sekitar tikungan jalan pada daerah lembah. Akibatnya adalah sering terjadinya penurunan tanah dan retakan yang arahnya ke arah lembah.
9.      Pengikisan/erosi

Pengikisan banyak dilakukan oleh air sungai ke arah tebing. Selain itu akibat penggundulan hutan di sekitar tikungan sungai, tebing akan menjadi terjal.
10.  Adanya material timbunan pada tebing

Untuk mengembangkan dan memperluas lahan pemukiman umumnya dilakukan pemotongan tebing dan penimbunan lembah. Tanah timbunan pada lembah tersebut belum terpadatkan sempurna seperti tanah asli yang berada di bawahnya. Sehingga apabila hujan akan terjadi penurunan tanah yang kemudian diikuti dengan retakan tanah.
11.  Bekas longsoran lama
Longsoran lama umumnya terjadi selama dan setelah terjadi pengendapan material gunung api pada lereng yang relatif terjal atau pada saat atau sesudah terjadi patahan kulit bumi. Bekas longsoran lama memiliki ciri:
·         Adanya tebing terjal yang panjang melengkung membentuk tapal kuda.
·         Umumnya dijumpai mata air, pepohonan yang relatif tebal karena tanahnya gembur dan subur.
·         Daerah badan longsor bagian atas umumnya relatif landai.
·         Dijumpai longsoran kecil terutama pada tebing lembah.
·         Dijumpai tebing-tebing relatif terjal yang merupakan bekas longsoran kecil pada longsoran lama.
·         Dijumpai alur lembah dan pada tebingnya dijumpai retakan dan longsoran kecil.
·         Longsoran lama ini cukup luas.
12.  Adanya bidang diskontinuitas (bidang tidak sinambung)
Bidang tidak sinambung ini memiliki ciri:
·         Bidang perlapisan batuan
·         Bidang kontak antara tanah penutup dengan batuan dasar
·         Bidang kontak antara batuan yang retak-retak dengan batuan yang kuat.
·         Bidang kontak antara batuan yang dapat melewatkan air dengan batuan yang tidak melewatkan air (kedap air).
·         Bidang kontak antara tanah yang lembek dengan tanah yang padat.
·         Bidang-bidang tersebut merupakan bidang lemah dan dapat berfungsi sebagai bidang luncuran tanah longsor.
13.  Penggundulan hutan

Tanah longsor umumnya banyak terjadi di daerah yang relatif gundul dimana pengikatan air tanah sangat kurang.
14.  Daerah pembuangan sampah

Penggunaan lapisan tanah yang rendah untuk pembuangan sampah dalam jumlah banyak dapat mengakibatkan tanah longsor apalagi ditambah dengan guyuran hujan.
D.     Ciri – ciri wilayah Rawan Tanah Longsor
·         Pernah terjadi bencana tanah longsor di wilayah tersebut
·         Berada pada daerah yang terjal dan gundul
·         Merupakan daerah aliran air hujan
·         Tanah tebal atau sangat gembur pada lereng yang menerima curah hujan tinggi.

E.     Contoh Kasus Tanah Longsor di Kota Ambon dan Kerugian yang Ditimbulkan
ü  BERITA I
Ambon (Antara Maluku) - Pemerintah provinsi Maluku membutuhkan dana Rp150 miliar untuk menangani berbagai dampak pasca longsor yang terjadi di sejumlah daerah pada 30 April 2011.  Kadis PU Maluku, Anthonius Sihaloho, di Ambon, Jumat, menyatakan usulan dana tersebut telah disampaikan ke Badan Penanggulangan Bencana  Nasional (BPBN) yang mengirimkan tim untuk melakukan pemantauan berbagai kerusakan. Ia mengungkapkan, tanah longsor telah mengakibatkan jalan dan jembatan rusak, juga daerah permukiman warga seperti di Dusun Mamua, desa Hila, kecamatan Leihitu Timur (Maluku Tengah).
Peristiwa tanah longsor pada 30 April 2011 juga menewaskan warga Batu Gantung, kecamatan Nusaniwe, Febby Kuruwal. Bencana serupa pada 31 Juli 2011 di kawasan Bere - Bere, kelurahan Batu meja, kota Ambon pada 31 Juli 2011 bahkan menewaskan satu keluarga bermarga Makatita, masing-masing Baltazar Makattita (50) dan istri, Ny. Lusiana Makattita (44), dan dua anak mereka (Margie Makattita, 13 dan Erens Makatitta, 10), sedangkan Freiska Makatitta (32) mengalami patah kaki sehingga menjalani operasi di RSUD dr. M. Haulussy. Anthonius mengakui penanganan berbagai kerusakan tersebut sangatlah tergantung alokasi dana dari pemerintah pusat, sehingga BPBN diharapkan memperjuangkannya di kementerian atau badan teknis agar terakomodir dalam APBN Perubahan 2011 atau APBN 2012. "Kami memiliki keterbatasan anggaran untuk penanganan bencana alam tersebut sehingga hanya disediakan Rp6,5 miliar (APBD Maluku) untuk Kota Ambon, sedangkan lainnya tergantung dana dari pemerintah pusat," ujarnya.
Dia memastikan curah hujan dengan intensitas tinggi selama tenggat waktu empat bukan terakhir ini merupakan penyebab terjadinya berbagai kerusakan tersebut. "Penanganan tanggap darurat pun tidak mampu menahan derasnya banjir maupun tanah longsor sehingga sejumlah kawasan tingkat kerusakan lebih parah dari sebelumnya seperti di Dusun Mamua," kata Anthonius. Dia juga memandang perlu mengingatkan warga agar tidak membangun rumah di bantaran sungai maupun lereng gunung sebagaimana telah dilarang pemerintah kota (Pemkot) Ambon. "Terjadi musibah barulah pemerintah dituding kurang kepedulian sosial terhadap warga yang sebenarnya kurang kesadaran dengan melanggar imbauan maupun larangan," ujar Anthonius Sihaloho.

ü  BERITA II
AMBON, KOMPAS.com – Empat orang tewas saat tanah longsor menimpa rumah mereka di kawasan Kelurahan Batu Meja, Kota Ambon, Maluku, Minggu (31/7/2011) sekitar pukul 03.00 WIT.. Keempat korban tewas itu merupakan satu keluarga yang terdiri dari suami istri Baltazar (48) dan istrinya Lusi, serta dua anak mereka Marki (13) dan Erens (10).
Seorang kerabat keluarga, Jemmy Alfons, menyatakan, saat longsor terjadi para korban semuanya lagi tertidur dan tidak sempat melarikan diri.Hanya menantu Baltazar, Rapinska, yang lolos dari maut meskipun kakinya patah.
Kapolres Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, AKBP Djoko Susilo menyatakan, tanah longsor ini terjadi akibat hujan deras yang mengguyur kota Ambon beberapa hari terakhir ini. “Kawasan di atas rumah keluarga ini adalah daerah perbukitan yang dijadikan tempat pembuangan sampah oleh warga. Akibat tergerus air, akhirnya terjadi longsor yang langsung menimbun rumah keluarga ini,” katanya.
Sedikitnya 200 aparat gabungan TNI/Polri dan Basarnas dikerahkan untuk mencari jasad  korban dari timbunan tanah longsor tersebut. Keempat jenazah korban ini langsung di evakuasi ke RSUD Dokter Haulussy Ambon untuk diotopsi. Sementara korban Rapinska menjalani perawatan di rumah sakit yang sama.

ü  BERITA III
Ketika hujan terus mengguyur Kota Ambon beberapa hari lalu, ada berbagai bencana alam yang terjadi, diantaranya bencana alam tanah longsor yang terjadi di kawasan Kelurahan Batu Gajah Ambon, Batu Meja, Desa Hatalai Kecamatan Leitimur Selatan dan di Dusun Nahel Desa Amahusu Kecamatan Nusaniwe.
Dari daerah yang mengalami longsor, Desa Hatalai dan Kelurahan Batu Gajah adalah daerah yang sangat parah, dimana sebagian rumah warga hancur tertimbun tanah, sehingga mengakibatkan sebagian kepala keluarga harus mengungsi, dimana rumah yang tertimpa longsor sebanyak 26 rumah yang terletak di RT 003 dan RT 004/RW 04 Kelurahan Batu Gajah, rabu(25/5).
Menurut warga sampai tanggal 27 Mei 2011 belum ada bantuan dari Pemerintah Provinsi Maluku/Kota Ambon padahal meraka sangat membutuhkan bantuan tersebut di tempat pengungsian. Bantuan yang mereka terima saat ini hanya dari Palang Merah Indonesia Cabang Ambon berupa beras dan mie instan.
Dari penuturan Wali Kota Ambon Drs. M.J. Papilaja (28 Mei 2011) pihaknya telah memberikan bantuan darurat dengan memberikan karung untuk mencegah tanggul yang jebol akibat tingkat curah hujan yang tinggi, serta bantuan tanggap darurat juga telah disalurkan oleh Satkorlak Penanggulangan Bencana Kota Ambon sesuai dengan standar yang berlaku. Bahkan, tiap SKPD di lingkup Pemkot telah menyerahkan sumbangan sukarela dari para pegawai, berupa sembako dan pakaian layak pakai bagi korban bencana, sekaligus melakukan peninjauan di lokasi banjir dan longsor di lima belas titik pada lima Kecamatan di Kota Ambon. Selain itu pihaknya telah memerintahkan Dinas Pekerjaan Umum Kota Ambon untuk melakukan penggerukan di lima buah sungai yang ada di Kota Ambon termasuk di daerah Batu Merah walaupun menurutnya ini masih tanggung jawab Pemerintah Provinsi Maluku.
Dengan nada yang sama pada siaran TV lokal (Molucca TV) Walikota Ambon Drs. M.J. Papilaya mengungkapkan bahwa apa yang terjadi selama ini akibat ketidakseimbangan alam yang dirusak oleh warga dengan menebang pohon, mengikis bukit untuk membangun rumah, dan membangun pemukiman di daerah bantaran sungai.
Mungkin ini adalah ungkapan yang dikeluarkan oleh pemerintah Kota menyikapi persoalan yang terjadi di Kota ini, karena warga kota Ambon tidak mempunyai kesadaran dalam menjaga Hutan. Namun semua ini bisa dilakukan oleh semua orang ketika akan memimpin Kota Ambon, alasannya karena Pemerintah Kota Ambon sendiri tidak tegas dalam menertibkan warganya. Bisa diambil contoh : Warga Kota Ambon membuat pemukiman di sekitar daerah penyangga Hutan Lindung Gunung Nona, merusak ekosistem hutan dengan cara melakukan penggalian batuan (Galian C) di daerah penyangga Hutan Lindung Gunung Nona dan ironisnya lagi ada Rumah yang dibangun oleh salah satu Oknum Anggota DPR Provinsi Maluku yang sudah ada sejak tahun 2002.
Apa yang bisa kita harapkan dari pemerintah Kota maupun Provinsi dalam menjaga Hutan di Maluku khususnya di Kota Ambon, bila pengambil kebijakan malah seenaknya saja menyalahi aturan. Apakah Gerakan Rehabilitasi Hutan dan Lahan (GERHAN) yang dilakukan selama ini hanya pemenuhan Program Pemerintah Pusat tanpa ada pembinaan yang baik dari Dinas Pertanian, Kehutanan dan Peternakan Kota Ambon bagi  masyarakat di sekitar hutan.
Bukan tidak mungkin mengingat musim hujan masih berlangsung sampai penghujung bulan September dengan tingkat curah hujan yang sangat tinggi sehingga dapat mengakibatkan bencana susulan.
Ini bukan kritik yang harus ditanggapi tetapi ini adalah seruan hati bagi pemerintah Provinsi dan Kota Ambon dalam menjaga Hutan, karena menjaga Ekosistem Hutan adalah tanggung jawab kita bersama.

ü  BERITA IV
Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Ambon, Brury Nanulaita mengungkapkan, kerugian akibat bencana alam baik tanah longsor maupun kerusakan infrastruktur di berbagai kawasan di Kota Ambon mencapai Rp. 35 miliar.
“Kami bersama Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BPBN) telah melakukan peninjauan terhadap kawasan-kawasan yang mengalami kerusakan akibat bencana alam pada tahun ini,” ungkap Nanulaita kepada wartawan di Balai Kota Ambon, Rabu (10/8).
Menurutnya, dari hasil tinjauan yang dilakukan di sebagian Kecamatan Sirimau, Leitimur Selatan, Baguala dan Kecamatan Teluk Ambon, yang dilakukan pada Selasa (9/8), telah dilakukan inventarisasi terhadap berbagai fasilitas yang mengalami kerusakan yang diakibatkan bencana alam.
“Ada 16 titik yang mengalami kerusakan akibat bencana. Kita sementara taksir, kerugian akibat bencana ini sekitar Rp 35 milyar,” ujarnya.
Hasil inventarisasi kerugian akibat bencana alam tersebut akan disusun dalam Rencana Anggaran Biaya (RAB) per kecamatan kemudian ada usulan dari Walikota Ambon kepada Gubernur Maluku, sehingga gubernur mengeluarkan rekomendasi untuk kemudian diusulkan kepada BPBN di Jakarta.
“Tidak ada anggaran yang berasal dari APBD untuk menanggulangi kerusakan akibat bencana alam tersebut, sehingga kita berharap nanti dana dari BPBN pusat,” tandasnya.

ü  BERITA V
Sedikitnya 89 unit rumah milik warga di kota Ambon mengalami rusak berat akibat tanah longsor, banjir dan gelombang pasang yang terjadi menyusul cuaca buruk selama sepekan terakhir di ibukota Provinsi Maluku itu.
Kepala Bidang Bantuan Jaminan Sosial Dinas Sosial Kota Ambon, Hendrik Terinathe, di ruang kerjanya, Sabtu (5/7) mengatakan, 89 unit rumah yang rusak itu tersebar pada 20 lebih Desa/Kelurahan pada lima kecamatan yang ada di Ambon. Selain korban material, tercatat juga dua orang tewas tertimbun tanah longsor yakni Johana Haumahu, warga Desa Passo, Kecamatan Baguala dan Leo Korteluw, warga Kelurahan Benteng, Kecamatan Sirimau serta seorang anak, Stevi Haumase (7) tewas terseret arus banjir, pada Rabu lalu (2/7). Ia mengatakan, bantuan tanggap darurat berupa beras, ikan kaleng, mie instan, kecap dan minyak goreng sementara disalurkan kepada korban bencana, sedangkan bantuan untuk perbaikan rumah masih baru akan diberikan kemudian. "Sebenarnya banyak warga yang terkena longsor, tapi berdasarkan aturan yang ada, bantuan hanya diberikan pada para korban yang akibat bencana tidak bisa beraktivitas di rumahnya lagi," kata Terinathe. Ia juga menyatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Kesejateraan Sosial (Dinkesos) Provinsi Maluku untuk penanggulangan para korban bencana ini.Sehubungan dengan cuaca yang kurang bersahabat di ibukota provinsi Maluku itu, Terinathe menghimbau masyarakat untuk berhati - hati mengantisipasi berbagai kemungkinan yang bisa terjadi sewaktu-waktu, terutama bagi warga yang tinggal di pinggiran sungai dan pegunungan.
Sementara itu, pihak Badan Metereologi dan Geofisika (BMG) Ambon, masih memperingatkan warga yang tinggal di daerah pinggiran sungai dan lereng-lereng bukit untuk berhati-hati dan waspada, karena curah hujan yang tinggi masih akan terjadi selama beberapa hari mendatang.

ü  BERITA VI
Ambon - Inilah sejumlah kawasan yang terdeteksi rawan longsor di Kota Ambon. Pakar Geologi Maluku, Abraham Tomasoa mengaku, kawasan yang terdeteksi rawan longsor, yakni Batu Gantung, Mangga Dua, Batu Gajah, Batu Meja, Batu Merah, Skip, Bere-Bere dan Karang Panjang.
"Daerah-daerah ini rawan longsor karena batuannya merupakan batuan gunung api. Dimana batuan gunung api itu jarang terpadatkan dengan benar, sehingga mudah terlepas atau keropos," ungkap Tomasoa kepada pers di Kantor Gubernur Maluku, Selasa (3/5).
Tomasoa yang juga Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Maluku ini menjelaskan, daerah-daerah tersebut merupakan daerah rawan longsor karena batuannya merupakan batuan gunung api, di mana ketika terjadi letusan gunung api, batuan naik ke atas dan kemudian jatuh. Pada saat jatuh itu tidak terpadatkan, sehingga dia muda terlepas. Olehnya itu msyarakat harus berhati-hati dan waspada setiap musim penghujan tiba.
Pasalnya, daerah-daerah tersebut merupakan langganan longsor, sebab ketika batuan gunung api lepas dan jenuh terhadap air, maka akan terjadi longsoran.
Terlebih lagi lanjut Tomasoa, kondisi sekarang dengan derasnya hujan yang turun pada daerah-daerah tersebut, maka para penghuni diminta untuk berhati-hati.
"Penghuni yang ada di daerah-daerah lereng itu harus hati-hati karena kondisi batuan yang demikian akan memudahkan untuk terjadinya tanah longsor," katanya mengingatkan.
Diungkapkan, saat ada beban di daerah tersebut maka beban itu akan memicu gerakan tanah atau longsoran. Bagi warga yang tinggal di bawah gunung atau di bawah pohon-pohon yang besar diminta segera mencari tempat lain atau bila perlu tidak bermukim di tempat itu lagi.
Lebih jauh dijelaskan, dari laporan Badan Geologi beberapa waktu lalu ketika berkunjung ke Ambon saat terjadi bencana Batu Gantung, ternyata ada beberapa daerah lainnya juga yang terdeteksi sebagai daerah rawan longsor.
"Kalau laporan dari Badan Geologi Pusat pada saat mereka berkunjung ke Ambon tahun kemarin, daerah rawan longsor selain disebutkan di atas, ada juga di Air Kuning. Selain itu ada juga alur-alur seperti juga di Amahusu, Erie dan daerah gunung seperti Soya, Ema, Kilang dan Hukurila. Semua ini rawan terhadap longsor," urai Tomasoa.
Olehnya, bagi warga yang bermukim di daerah-daerah tersebut, langkah antisipasi, yakni dengan membuat talud. Pembuatan talud juga tidak asal-asalan, tetapi harus sesuai dengan konstruksi bangunan yang siap menahan banjir dan longsor.

A.     Laporan Bencana Tanah Longsor di Kota Ambon
DATA/ INFORMASI
KEJADIAN DAN DAMPAK BENCANA
(Laporan untuk Batu Gantung, 24 Juni 2010)


v  KEJADIAN BENCANA
§   Umum
a.    Jenis                     : Tanah Longsor
b.    Tanggal/ Waktu  : 16 Juni 2010 (mulai pukul 22.30 WIT)
c.    Lokasi                  : Batu Gantung
d.    Keterangan          : -
§   Korban Jiwa
No
Kecamatan
Kelurahan/Desa
Jumlah (jiwa)
Hilang
Luka Berat
Luka Ringan
Pengungsi
MD *
1
Nusaniwe
Batu Gantung Dalam
-
3
6
205
8
JUMLAH
-
3
6
205
8
            (* MD= Meninggal Dunia)
§   Kerusakan
a.    Pemukiman
Ø Rumah
No
Kecamatan
Kelurahan/Desa
Jumlah (unit)
Ket
Rusak Ringan
Rusak
Berat
Rusak
Total
1
Nusaniwe
Batu Gantung Dalam
2
4
2

JUMLAH
2
4
2


Ø Longsor

No
Kecamatan
Kelurahan/Desa
Jumlah
Ket
1
Nusaniwe
Batu Gantung Dalam
1
Ketinggian longsoran ± 70 m, sehingga bongkahan batu dan tanah merusakkan beberapa rumah di bawahnya. 


v  UPAYA PENANGANAN YANG TELAH DILAKUKAN
§  Terhadap Korban:
Ø Meninggal             :
Telah dilaksanakan evakuasi dan pemakaman untuk 8 (delapan) jenasah yang meninggal. Atas nama: Polly Noya (56 thn), Ny. Merry Noya (52 thn), Susi Noya (29 thn), Herman Noya (14 thn), Dea Noya (8 thn), Ipy Noya (3 thn), Dede (9 bln) dan Johana Halatu Sekawael (55 thn).
Kegiatan pencarian dan evakuasi korban ini dilaksanakan setelah bencana, sampai dengan tanggal 17 Juni 2010 pukul 02.00 WIT dan ditemukan 6 (enam) orang korban oleh masyarakat dibantu anggota Kodim. Pada pukul 02.15 WIT kegiatan pencarian dihentikan karena cuaca tidak mendukung dan sesuai informasi dari masyarakat bahwa diatas ketinggian terdapat batu berukuran besar tergantung dan rawan terjadinya longsor susulan. Pada pukul 06.00 WIT pencarian korban dilanjutkan dan ditemukan 1 (satu) orang korban atas nama Dede (9 bln; Kristen). Pada pukul 13.30 WIT ditemukan kembali 1 (satu) orang korban meninggal atas nama Johana Halatu Sekawael.
Ø Luka Berat                        :
Korban yang mengalami luka berat telah dievakuasi ke RSU dr. Haulussy Ambon, atas nama:
a.    Simon Alfons (71 thn)
b.   Rita Kili-kili (38 thn)
c.    Dece Pelamonia (38 thn)
Ø Luka Ringan         :
Warga yang mengalami luka ringan telah mendapat perawatan, antara lain:
a.       Elen Lutlutur (48 thn)
b.      Juan Lutlutur (4 thn)
c.       Ferby Soumokil (4 thn)
d.      Jo Kili-kili (2 thn)
e.       Nadia (3 thn)
f.       Nel Soumokil (4 thn)
Ø Hilang                   :  -
Ø Pengungsi             :
Warga yang rumahnya hancur, telah mengungsi ke rumah keluarga. Sedangkan masyarakat yang berdomisili di sekitar tempat longsor, dievakuasi ke tempat pengungsian.
Untuk masyarakat yang berada di sekitar lokasi juga sudah dievakuasi ke tempat yang lebih aman sebanyak  56 KK (Kepala Keluarga) = 205 (Dua Ratus Lima) orang.
Dapur Lapangan resmi dialihkan ke dapur lapangan yang dibuat oleh masyarakat dengan menggunakan terpal di sekitar lokasi tempat penyimpanan barang masyarakat yang dievakuasi sesuai permohonan masyarakat kepada Dinas Sosial Kota Ambon. Oleh sebab itu, Dinas Sosial Kota Ambon saat ini hanya menyuplai bahan makanan mentah (seperti: beras, mie instan, ikan kaleng) kepada masyarakat untuk dimasak sendiri oleh warga.
·         Orang Sakit          :
Data yang diperoleh dari Posko Kesehatan Batu Gantung Dalam, diperoleh data orang sakit antara lain:
-          Tanggal 18 Juni 2010, terdapat 17 warga yang berobat.
-          Tanggal 19 Juni 2010, terdapat 15 warga yang berobat.
-          Tanggal 21 Juni 2010, terdapat 20 warga yang berobat.
-          Tanggal 22 Juni 2010, terdapat 5 warga yang berobat.
-          Tanggal 23 Juni 2010, terdapat 3 warga yang berobat.
Umumnya penyakit yang dikeluhkan antara lain: Darah Tinggi dan ISPA.
§  Terhadap Kerusakan:
Untuk sementara waktu penanganan terhadap kerusakan, masih menunggu kondisi cuaca agak membaik. Kerusakan rumah, terdapat 8 rumah yang mengalami kerusakan. Adapun daftar rumah yang mengalami kerusakan, antara lain:
·         Rusak Ringan atas nama Kel. Alo Lutlutur dan Kel. Evi Soumokil.
·         Rusak Berat atas nama Kel.S. Alfons, Kel. L.Halatu, Kel.  D. Patty dan Kel. J. Keliduan.
·         Rusak Total atas nama Kel. P. Noya dan Kel. Rido Matoke.
Tanggal 21 Juni 2010, Tim dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Bandung  kembali mengunjungi daerah longsoran awal didampingi petugas Posko Penanggulangan Bencana. Hasil survey sementara dan data peta geologi, daerah tersebut merupakan daerah berbatu dengan jenis batu gamping yang telah lapuk. Hasil penelitian selengkapnya akan dilaporkan secara resmi oleh  Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Bandung.

v  SUMBER DAYA
§  Sarana Prasarana
Sarana Prasarana yang digunakan, antara lain: cangkul, sekop, karung, palu dan linggis.
§  Sumber Daya Manusia
Relawan yang membantu proses evakuasi dan pembersihan berasal dari personil TNI/Polri dan Tagana Dinas Sosial Propinsi Maluku.
§  Logistik
Bantuan logistik yang disalurkan ke Posko Penanggulangan Bencana Batu Gantung Dalam, antara lain:
Ø  Dinas Sosial Kota Ambon
-          Ikan Kaleng/ Sardencis                                    11 Dos
-          Mie Instan (Sarimie)                            12 Dos
-          Beras                                                   10 Karung (15 kg/ karung)
-          Kecap Nasional                                               1 Dos
-          Sambal Botol                                       1 Dos
-          Telur                                                    100 Butir
-          Kain Selimut                                        20 Buah
-          Terpal                                                  16 Buah
-          Minyak Goreng                                                1 Karton
-          Tikar                                                    10 Buah
-          Minyak Tanah                                     25 Liter
Ø  BPBD Provinsi Maluku
-          Skop                                                    25 Buah
-          Cangkul                                               24 Buah
-          Kayu 5/7                                              9 Potong
Ø  Dinas PU Kota Ambon
-          Hammer                                               8 Buah
Adapun Bantuan Logistik yang telah disalurkan ke dapur masyarakat tertanggal 20 Juni 2010, antara lain:
-          Beras                                                   8 Karung
-          Sarimie                                                            8 Karton
-          Minyak Goreng                                                1 Karton
-          Ikan Kaleng/ Sardencis                                    4 Karton
-          Tikar                                                    10 Buah
-          Minyak Tanah                                     25 Liter

v  KENDALA
§  Pada tanggal 20 Juni 2010, dini hari, masih terdapat bongkahan batu yang jatuh dari ketinggian kurang lebih 70 M. Sehingga pekerjaan pembersihan puing-puing tidak dapat dilaksanakan secara maksimal karena rawan longsor. Ukuran bongkahan batu yang jatuh berdiameter 1 M.
§  Jenis batuan yang rawan jatuh merupakan jenis batuan gamping choral yang sudah lapuk, dalam kondisi labil.
§  Masih banyak rumah-rumah masyarakat yang berada di bawah jalur longsoran.
§  Cuaca di sekitar lokasi bencana sampai saat ini masih sering turun hujan yang mengakibatkan terjadinya kerawanan longsor susulan.
§  Peralatan pembersihan dan pembongkaran bongkahan batu akibat longsor belum lengkap. Hanya hammer (palu) yang baru didatangkan. Pahat beton sampai saat ini belum didatangkan.
§  Koordinasi antar instansi tentang teknis dan waktu pelaksanaan penanggulangan batu yang rawan longsor sampai saat ini belum mencapai titik temu. Instansi terkait (khususnya Dinas PU) belum memberikan informasi tentang rencana kegiatan dan penanganan teknis batu yang rawan jatuh.

v  KEBUTUHAN DARURAT
§  Makanan dan air minum
§  Kebutuhan dasar  sandang (Pakaian, selimut, sarung, alas tidur, perlengkapan mandi, dll)
§  Peralatan untuk pembersihan bongkahan batu akibat longsor (pahat beton/ betel, gancu, dll)
§  Terpal untuk menutupi rumah yang rusak dan bagian tanah yang longsor.

v  POTENSI BENCANA SUSULAN
Bencana susulan berpotensi terjadi jika cuaca tetap buruk. 


DATA/ INFORMASI
KEJADIAN DAN DAMPAK BENCANA
(Laporan untuk Batu Merah, 24 Juni 2010)

v  KEJADIAN BENCANA
§   Umum
a.    Jenis                     : Banjir dan Tanah Longsor
b.   Tanggal/ Waktu    : 12 – 13 Juni 2010 (mulai pukul 23.00 WIT)
c.    Lokasi                  : Kota Ambon
d.   Keterangan           : Bencana tersebar di beberapa lokasi pada tiap kecamatan.
§   Korban Jiwa
No
Kecamatan
Kelurahan/Desa
Jumlah (jiwa)
Hilang
Luka Berat
Luka Ringan
Pengungsi
MD *
1
Sirimau
Desa Batu Merah
-
1
-
38
2
Kel. Amantelu
-
-
-

-
Kel. Karang Panjang
-
-
-

-
Kel. Batu Meja
-
-
-

-
Kel. Waihoka
-
1
-
7
-
Hative Kecil
-
-
-

-






2
Nusaniwe
Kuburan Kristen
-
-
-
-
-
Air Salobar (Gd.Dolog)
-
-
-

-
Ponegoro
-
-
2


3
Baguala
Waiheru
-
-
-
-
-












JUMLAH
-
2
2
45
2
            (* MD= Meninggal Dunia)
§   Kerusakan
a.    Pemukiman
Ø Rumah
No
Kecamatan
Kelurahan/Desa
Jumlah (unit)
Ket
Rusak Ringan
Rusak
Berat
1
Sirimau
Desa Batu Merah
4
5

Kel. Amantelu
- RT 003/ RW 03
- RT 005/ RW 05
- RT 006/ RW 18

-
1
1

5
1
1

Kel. Karang Panjang
- RT 003/ RW 02
- RT 001/ RW 02
- RT 003/ RW 04
- RT 001/ RW 06

- RT 002/ RW 03

2
1
4
-

-

3
-
-
1

3




Tambahan data dari Dinsos Kota (21/6)
Tambahan data dari Dinsos Kota (21/6)
Kel. Batu Meja
16
9

Kel. Waihoka
- RT 001/ RW 03
- RT 003/ RW 01
- RT 001/ RW 02
- RT 003/ RW 02
- RT 002/ RW 01
- RT 001/ RW 04
- RT 002/ RW 04

3
4
-
-
2
-


3
-
5
2
-
-
-
Untuk data Kelurahan Waihoka telah diverifikasi oleh Dinsos Kota Ambon (21/6)





No
Kecamatan
Kelurahan/Desa
Jumlah (unit)
Ket
Rusak Ringan
Rusak
Berat


- RT 005/ RW 03
- RT 003/ RW 03
- RT 003/ RW 04
1
1
1
-
-
-

-           
Hative Kecil

-

2

Batu Gajah
-
-

Desa Soya
- RT 002/ RW 07

- RT 001/ RW 04


-           

-

-

3

1

Tambahan data dari Dinsos Kota (21/6)
Tambahan data dari Dinsos Kota (21/6)
(Kerusakan di bagian Dapur)
Batu Meja
-RT 003/ RW 07



-RT 005/RW 07

-



-

1



1

Tambahan data dari Dinsos Kota (21/6)
(Kerusakan pd Dinding Rumah)
Tambahan data dari Dinsos Kota (21/6)
(Kerusakan pd Dinding Rumah)
Skip
-RT 002/ RW 01

-RT 001/RW 07

-RT 001/ RW 04

1

-

1

-

1

-

Tambahan data dari Dinsos Kota (21/6)
Tambahan data dari Dinsos Kota (21/6)
Tambahan data dari Dinsos Kota (21/6)
2
Nusaniwe
Kel. Benteng
- RT 004/ 03
  (Kuburan Kristen)

- RT 002/ RW 01

-


-

-


2

Kel. Nusaniwe
- RT 003/ RW 01
  (sekitar Gd. Dolog)



- RT 003/ RW 04

-




-

2




2

Sudah ada penanganan (daerah longsor sementara ditutup terpal)
Kel. Mangga Dua
- RT 003/ RW 02


-


1


Kondisi rumah sebagian menggantung
Kel. Urimessing
- RT 002/ RW 04
- RT 004/ RW 03

-
1

1
-

3
Baguala
Waiheru
-
1

Desa Passo
8
4

JUMLAH
53
60


Ø Infrastruktur Jembatan
No
Kecamatan
Kelurahan/Desa
Jumlah (unit)
Ket
1
Sirimau
Desa Batu Merah
- RT 001/ RW 14

- RT 004/ RW 14

1

1

Patah

Talud Jembatan Patah
Kel. Amantelu
-

Kel. Karang Panjang
-

Kel. Batu Meja
-

Kel. Waihoka
-

Hative Kecil
-




2
Nusaniwe
Kel. Benteng
Kuburan Kristen

-

Air Salobar (Gd. Dolog)
-

Ponogoro
-

3
Baguala
Waiheru
-

Desa Passo
-




JUMLAH
2



Ø Infrastruktur Talud Penahan Tanah, Badan Jalan dan Sungai

No
Kecamatan
Kelurahan/Desa
Jumlah (Unit)
Ket
1


Sirimau
Desa Batu Merah
- RT 004/ RW 17

1 (panjang 8 m)

Talud penahan patah
Kel. Amantelu
- RT 005/ RW 05

1 (Panjang    m)

Talud Patah
Kel. Karang Panjang
- RT 003/ RW 02

1 (Panjang    m)

Talud penahan patah
Kel. Batu Meja
-

Kel. Waihoka
-

Hative Kecil
- Kampung Aster

- Kompleks BTN

1 (panjang ± 50 m)

1 (panjang ± 20 m)

Penahan Jalan Air

Penahan Tanah
2
Nusaniwe
Kel. Benteng
- RT 004/ RW 03
  (Kuburan Kristen)

- RT 001/ RW 01

1 (panjang ± 125 m)


1 (panjang ± 4 m)

2 kuburan hancur


Talud Penahan Tanah roboh
Kel. Nusaniwe
- RT 003/ 01 (Gd. Dolog)




- RT 003/ 04 (Benteng
  Atas)

1 (panjang ± 30 m)




1 (panjang ± 16 m)

Sudah ada penanganan (daerah longsor sementara ditutup terpal)

Dibutuhkan terpal untuk menutup longsoran
Kel. Urimessing
- RT 004/ 03
  (Mangga Dua Atas)

2 (panjang ± 25 m)

3
Baguala
Waiheru


Desa Passo


JUMLAH
11



Ø Longsor

No
Kecamatan
Kelurahan/Desa
Jumlah
Ket
1
Sirimau
Desa Batu Merah
2
Rumah Terancam
Kel. Amantelu
RT 003/ RW03
1

Panjang ± 30   m
Kel. Karang Panjang
RT 003/ RW 02
1

13 rumah dalam kondisi terancam
Kel. Batu Meja
1

Kel. Waihoka
1

Hative Kecil
Ø RT 02/ RW 06
Ø RT 01/ RW 06
Ø RT 01/ RW  03
Ø RT 02/ RW 02
Ø Kel. Walalayo

1
1
1
1
1

Panjang ± 30 m
Panjang ± 10 m
Panjang ± 15 m
Panjang ± 5 m
Panjang ± 10 m
Batu Gajah
- RT 002/ RW 02


- RT 003/ RW 01


- RT 001/ RW 04


- RT 004/ RW 03

1


1


1


1

Talud dan saluran air/got
(sudah diantisipasi oleh masyarakat)

Jalan setapak
(sudah diantisipasi oleh masyarakat)

Rumah Tinggal dan jalan setapak
(sudah diantisipasi oleh masyarakat)

Rumah Tinggal dan jalan setapak
(sudah diantisipasi oleh masyarakat)
2
Nusaniwe
Kel. Benteng
- RT 002/ 01
  (Belakang Sekolah Perawat)

6

Terdapat 6 titik longsoran
(Titik Longsoran I → panjang ± 10 m;
Titik Longsoran II → panjang ± 7 m;
Titik Longsoran III → panjang ± 6 m;
Titik Longsoran IV → panjang ± 5 m;
Titik Longsoran V → panjang ± 6 m;
Titik Longsoran VI → panjang ± 5 m)
Kel. Nusaniwe
- RT 01/ 02
  (Benteng Atas)

1

Longsoran sepanjang ± 28 m; tinggi ± 8 m
(2 rumah terancam roboh)
Kel. Mangga Dua
- RT 003/ 02
  (Mangga Dua Atas)


- RT 001/ 02
 (Samping Kantor Kelurahan
 Mangga Dua)

1



1

Longsoran sepanjang ± 17,5 m
(1 rumah terancam roboh)


Longsoran sepanjang ± 10 m
Kel. Urimessing
- RT 002/ 04
  (Ponegoro Atas)

- RT 004/ 03
  (Mangga Dua Atas)

- RT 004/ 02
  (Air Mata Cina)


1



1


2

Longsoran sepanjang 6 m



Longsoran sepanjang 6 m


Longsoran I sepanjang ± 30 m (1 rumah terancam) dan Longsoran II sepanjang ± 25 m
(4 rumah terancam)
No
Kecamatan
Kelurahan/Desa
Jumlah
Ket


Kuda Mati
- RT 006/ 01

- RT 001/ 01

1

1

Longsoran (1 rumah terancam)

Longsoran (1 rumah terancam);
Sudah ditanggulangi oleh masyarakat
3
Baguala
Waiheru


Desa Passo


JUMLAH
30


Ø Rumah Ibadah
No
Kecamatan
Kelurahan/ Desa
Jumlah (Unit)
Ket
Rusak Ringan
Rusak Berat
1
Sirimau
Kel. Batu Meja
-
1
Gereja Anugerah
JUMLAH
-
1



v  UPAYA PENANGANAN YANG TELAH DILAKUKAN
§  Terhadap Korban:
Ø Meninggal             :
Telah dilaksanakan evakuasi dan pemakaman pada hari Minggu, tanggal 13 Juni 2010, terhadap korban meninggal dunia atas nama M. Fahril (2,5 tahun) dan M. Rian (1,5 tahun)
Ø Luka Berat                        :
Korban yang mengalami luka berat telah dievakuasi ke RS dr. Haulussy Ambon
Ø Luka Ringan         :
Warga yang mengalami luka ringan telah mendapat perawatan langsung pada Posko Penanggulangan Bencana, dimana telah didatangkan Tim Medis dari RST Ambon dan Dinas Kesehatan Kota Ambon.
Ø Hilang                   :  -
Ø Pengungsi             :
Warga yang rumahnya hancur, telah diungsikan di tempat yang aman.
Untuk warga Batu Merah diungsikan di Masjid setempat dan tenda yang didirikan oleh Dinas Sosial pada lokasi bencana.
Ø Data Orang Sakit   :
Warga yang terkena sakit dan berobat di Posko Kesehatan sebanyak 100 orang. Adapun penyakit yang diderita diantaranya adalah gatal-gatal, sakit dalam, diare dan rawat luka.
§  Terhadap Kerusakan:
Telah dilaksanakan pembersihan pada sebagian lokasi bencana, dimana terkoordinir oleh Satlak Penanggulangan Bencana yang melibatkan personil TNI-Polri, Tagana dan  masyarakat setempat.
Adapun pekerjaan pembersihan di  jalan Ksatrian Kel. Amantelu  telah diselesaikan 100%. Sedangkan untuk pembongkaran jembatan beton di Kel. Amantelu juga telah mencapai 90%.
Tanggal 19 Juni 2010, Tim dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana mengunjungi daerah longsor didampingi Koordinator Lapangan dan petugas Posko Penanggulangan Bencana.
      Tanggal 20 dan 21 Juni 2010, Tim dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Bandung  kembali mengunjungi daerah bencana di Batu Merah Dalam  didampingi petugas Posko Penanggulangan Bencana. Dari hasil peninjauan sementara, diusulkan untuk sesegera mungkin membuat saluran drainase dalam mengantisipasi air yang turun dari tebing pada jalur kelongsoran menuju ke perumahan warga. Sehingga longsor susulan bias terminimalisir.

v  SUMBER DAYA
§  Sarana Prasarana
Sarana Prasarana yang digunakan, antara lain: truck sampah, mobil air bersih dari TNI dan Dinas Sosial, cangkul, sekop, karung, palu dan linggis.
§  Sumber Daya Manusia
Relawan yang membantu proses pembongkaran jembatan  berasal dari personil TNI 15 org dan operator mesin “Jack Hammer” dari Dinas PU Kota 5 org. Untuk kegiatan Dapur Umum,  Tagana Dinas Sosial Propinsi Maluku yang bertugas  sejumlah 60 orang.
§  Logistik
Bantuan logistik yang telah diterima Posko Penanggulangan Bencana, antara lain:
ØDinas Sosial Kota Ambon dan Provinsi Maluku:
-       Mie Instan (Sarimie)                   44 Karton
-       Minyak Goreng                          12 Karton
-       Ikan Kaleng/ Sardencis               44 Karton
-       Beras                                          11 Karung (15 kg/karung)
-       Biskuit (Marie Susu)                   2 Karton
-       Kecap ABC                                9 Karton
-       Sambal Botol                              8 Karton
-       Selimut                                       50 Buah
-       Terpal                                         51 Buah
-       Pakaian Seragam SD                   250 Potong
-       Velbed                                        10 Set
-       Telur                                           150 Butir
-       Minyak Goreng                          6 Liter
ØBPBD dan Dinas PU Provinsi Maluku:
-       Karung                                       2000 Sak
ØDinas PU Kota Ambon:
-       Hamer                                        6 Buah
-       Cuka Asli 100%                         5 Liter
-       Betel                                           10 Buah
ØDinas Kesehatan Propinsi Maluku:
-    Amoxilin                                                50 Botol
-    Fondazen                                               10 Dos
-    Asam Mefenamat                                   10 Dos
-    Antalgin                                     10 Dos
-    Fervital                                       10 Dos
ØDinas Kebersihan Kota Ambon:
-    Skop                                          60 Buah
-    Pacul                                          25 Buah
-    Alat Penggaruk Sampah             15 Buah
ØSumbangan dari Bpk. Abraham Pakel:
-    Mie Instan (Indomie)                 20 Dos
-    Kompor                                     10 Unit
-    Beras                                          3 Karung (25 kg/karung)
ØKesdam XVI/ Pattimura memberikan bantuan obat-obatan untuk masyarakat.
ØDharmapala Universitas Darusalam:
-       Mie Instan (Sarimie)                   40 Karton
-       Beras                                          12 Karung (24kg/karung)
Bantuan dari Dharmapala Universitas Darusalam ditujukan pada Dapur Umum Posko Penanggulangan Bencana.
Selain itu juga, telah didirikan Dapur Umum di Posko Penanggulangan Bencana, Batu Merah.
Bantuan Logistik yang telah disalurkan kepada korban bencana, antara lain:
-          Sekop                                       60 Buah
-          Pacul                                        25 Buah
-          Alat Penggaruk Sampah                       15 Buah
-          Hamer/ Palu                             5 Buah
-          Betel                                        10 Buah
-          Cuka Asli 100%                       5 Liter
-          Karung                                     2000 Buah
-          Air Mineral                              2 Karton
-          Mie Instan                                64 Karton
-          Minyak Goreng                                    12 Karton
-          Biskuit Marie Susu                   2 Karton
-          Ikan Kaleng/ Sardencis                        29 Karton
-          Beras                                        14 Karung (15kg/ karung) + 3 Karung (25kg/karung)
-          Terpal                                      51 Buah
-          Pakaian Sekolah                       89 Potong
-          Kecap ABC                              9 Karton
-          Sambal Botol                           8 Karton
-          Velbed                                     10 Buah
-          Tenda                                       1 Buah
-          Kompor                                   10 Buah
Adapun bantuan kesehatan yang telah disalurkan, antara lain:
-          Amoxilin                                  50 Botol
-          Fondaven                                 10 Dos
-          Asam Mefenamat                     10 Dos
-          Antalgin                                   10 Dos
-          Fervital                                     10 Dos
§  Dana
Untuk sementara dana bersumber dari kas Pemerintah Kota Ambon

v  KENDALA
  • Dukungan dari instansi terkait belum maksimal sehingga menghambat penanganan
  • Aparat Desa kurang maksimal dalam proses pendataan sehingga menghambat validitas data korban bencana. Hal ini mengakibatkan data korban bencana yang diterima posko tidak akurat.
  • Keterbatasan peralatan sehingga menghambat pelaksanaan pekerjaan. Sebagai contoh dalam pembongkaran jembatan beton, “jack hammer” yang digunakan sempat mengalami kerusakan mekanik. Dan sampai saat ini masih mengalami kerusakan. Sehingga pekerjaan selama 2 (dua) hari, terhambat.
  • Adanya bantuan dari pihak luar yang langsung diberikan ke sasaran.
  • Kurang adanya kesadaran dari masyarakat dalam pengembalian peralatan makan dan minum yang disediakan oleh Dapur Umum, sehingga jumlah peralatan makan dan minum di Dapur Umum untuk mendukung jalannya distribusi makanan berkurang drastis.

v  KEBUTUHAN DARURAT
§  Makanan dan air minum
§  Kebutuhan dasar  sandang (Pakaian, selimut, sarung, alas tidur, perlengkapan mandi, dll)
§  Kebutuhan air bersih
§  Pasokan listrik dan air bersih sangat diharapkan berjalan lancar
§  Peralatan makan dan minum di Dapur Umum Posko Penanggulangan Bencana Desa Batu Merah sudah sangat berkurang.
§  Penanganan sesegera mungkin saluran drainase pada daerah longsor. Mengingat telah terbentuk jalur  air yang turun dari tebing ke perumahan warga telah. Dikhawatirkan akan terjadi longsor susulan.
§  Alat potong baja.

v  POTENSI BENCANA SUSULAN
Bencana susulan berpotensi terjadi pada titik-titik kelongsoran jika curah hujan meningkat, sehingga dibutuhkan perhatian khusus dan penanganan secepatnya dari instansi terkait agar resiko bencana bisa diminimalisir.

A.     Tahapan Mitigasi Bencana Tanah Longsor
·         Pemetaan
Menyajikan informasi visual tentang tingkat kerawanan bencana alam geologi di suatu wilayah, sebagai masukan kepada masyarakat dan atau pemerintah kabupaten/kota dan provinsi sebagai data dasar untuk melakukan pembangunan wilayah agar terhindar dari bencana.
·         Penyelidikan
Mempelajari penyebab dan dampak dari suatu bencana sehingga dapat digunakan dalam perencanaan penanggulangan bencana dan rencana pengembangan wilayah.
·         Pemeriksaan
Melakukan penyelidikan pada saat dan setelah terjadi bencana, sehingga dapat diketahui penyebab dan cara penanggulangannya.
·         Pemantauan
Pemantauan dilakukan di daerah rawan bencana, pada daerah strategis secara ekonomi dan jasa, agar diketahui secara dini tingkat bahaya, oleh pengguna dan masyarakat yang bertempat tinggal di daerah tersebut.
·         Sosialisasi
Memberikan pemahaman kepada Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota atau Masyarakat umum, tentang bencana alam tanah longsor dan akibat yang ditimbulkannya. Sosialisasi dilakukan dengan berbagai cara antara lain, mengirimkan poster, booklet, dan leaflet atau dapat juga secara langsung kepada masyarakat dan aparat pemerintah.
·         Pemeriksaan bencana longsor
Bertujuan mempelajari penyebab, proses terjadinya, kondisi bencana dan tata cara penanggulangan bencana di suatu daerah yang terlanda bencana tanah longsor.

B.     Strategi dan Upaya Penanggulangan Bencana Tanah Longsor di Kota Ambon
1.      Hindarkan daerah rawan bencana untuk pembangunan pemukiman dan fasilitas utama lainnya
2.      Mengurangi tingkat keterjalan lereng
3.      permukaan maupun air tanah. (Fungsi drainase adalah untuk menjauhkan airn dari lereng, menghidari air meresap ke dalam lereng atau menguras air ke dalam lereng ke luar lereng. Jadi drainase harus dijaga agar jangan sampai tersumbat atau meresapkan air ke dalam tanah).
4.      Pembuatan bangunan penahan, jangkar (anchor) dan pilling
5.      Terasering dengan sistem drainase yang tepat.(drainase pada teras - teras dijaga jangan sampai menjadi jalan meresapkan air ke dalam tanah)
6.      Penghijauan dengan tanaman yang sistem perakarannya dalam dan jarak tanam yang tepat (khusus untuk lereng curam, dengan kemiringan lebih dari 40 derajat atau sekitar 80% sebaiknya tanaman tidak terlalu rapat serta diseling-selingi dengan tanaman yang lebih pendek dan ringan , di bagian dasar ditanam rumput).
7.      Mendirikan bangunan dengan fondasi yang kuat
8.      Melakukan pemadatan tanah disekitar perumahan
9.      Pengenalan daerah rawan longsor
10.  Pembuatan tanggul penahan untuk runtuhan batuan (rock fall)
11.  Penutupan rekahan di atas lereng untuk mencegah air masuk secara cepat kedalam tanah.
12.  Pondasi tiang pancang sangat disarankan untuk menghindari bahaya liquefaction(infeksi cairan).
13.  Utilitas yang ada didalam tanah harus bersifat fleksibel
14.  Dalam beberapa kasus relokasi sangat disarankan.

v  Upaya pencegahan untuk mengurangi dampak bencana tanah longsor di kota Ambon:
1.   Kenali  daerah tempat tinggal kita sehingga jika terdapat ciri-ciri daerah rawan longsor kita dapat menghindar.
2.   Perbaiki tata air dan tata guna lahan daerah lereng.
3.   Tanami daerah lereng dengan tanaman yang sistem perakarannya dalam (akar tunggang)
4.   Tutup retakan-retakan yang timbul di atas tebing dengan material lempung untuk mencegah air masuk kedalam tanah
5.   Selalu waspada pada sat musim hujan terutama pada saat curah hujan yang tinggi dalam waktu lama.
6.    Waspada terhadap mata air/rembesan dan kejadian longsor skala kecil di sepanjang lereng.
v  Yang harus dilakukan saat tanah longsor :
·      Segera keluar dari daerah longsoran atau aliran reruntuhan/puing ke bidang yang lebih stabil,
·      Bila melarikan diri tidak memungkinkan, lingkarkan tubuh anda seperti bola dengan kuat dan lindungi kepala Anda. Posisi ini akan memberikan perlindungan terbaik untuk badan Anda.
v  Yang harus dilakukan setelah tanah longsor :
·      Hindari daerah longsoran, dimana longsor susulan dapat terjadi,
·      Periksa korban luka dan korban yang terjebak longsor tanpa langsung memasuki daerah longsoran,
·      Bantu arahkan SAR ke lokasi longsor,
·      Bantu tetangga yang memerlukan bantuan khusus anak - anak, orang tua dan orang cacat,
·      Dengarkan siaran radio lokal atau televisi untuk informasi keadaan terkini,
·      Waspada akan adanya banjir atau aliran reruntuhan setelah longsor,
·      Laporkan keruskan fasilitas umum yang terjadi kepada pihak yang berwenang,
·      Periksa kerusakan pondasi rumah dan tanah disekitar terjadinya longsor,
·      Tanami kembali daerah bekas longsor atau daerah disekitarnya untuk menghindari erosi yang telah merusak lapisan atas tanah yang dapat menyebabkan banjir bandang, serta
Mintalah nasihat pada ahlinya untuk mengevaluasi ancaman dan teknik untuk mengurangi resiko tanah longsor.

BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN

ü  Kesimpulan :
Dari makalah yang berjudul “ Tanah Longsor di Kota Ambon ” , kami dapat menarik kesimpulan, diantaranya: Tanah longsor adalah perpindahan material pembentuk lereng berupa batuan, bahan rombakan, tanah, atau material campuran tersebut, bergerak ke bawah atau keluar lereng.
Faktor penyebab terjadinya gerakan pada lereng (tanah longsor) juga tergantung pada kondisi batuan dan tanah penyusun lereng, struktur geologi, curah hujan, vegetasi penutup dan penggunaan lahan pada lereng tersebut, namun secara garis besar dapat dibedakan sebagai faktor alami dan manusia.
Terjadinya bencana alam tanah longsor ini dapat diminimalkan dengan memberdayakan masyarakat untuk mengenali tipologi lereng yang rawan longsor, gejala awal longsor, serta upaya antisipasi dini yang harus dilakukan, sehingga pengembangan dan penyempurnaan manajemen mitigasi gerakan tanah baik dalam skala nasional, regional maupun lokal secara berkelanjutan dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dan menggalang kebersamaan segenap lapisan masyarakat di kota Ambon.

ü  Saran :
Ada beberapa tindakan perlindungan dan perbaikan yang bisa ditambah untuk tempat-tempat hunian, antara lain:
Ø  Perbaikan drainase tanah (menambah materi - materi yang bisa menyerap).
Ø  Modifikasi lereng (pengurangan sudut lereng sebelum pembangunan).
Ø  Vegetasi kembali lereng - lereng.
Ø  Beton-beton yang menahan tembok mungkin bisa menstabilkan lokasi hunian.
Selain itu ada hal-hal yang harus dihimbau oleh mahasiswa kepada masyarakat untuk menghindari bencana tanah longsor adalah :
Ø  Jangan mencetak sawah dan membuat kolam pada lereng bagian atas di dekat pemukiman
Ø  Buatlah terasering (sengkedan) pada lereng yang terjal bila membangun permukiman
Ø  Segera menutup retakan tanah dan dipadatkan agar air tidak masuk ke dalam tanah melalui retakan
Ø  Jangan melakukan penggalian di bawah lereng terjal
Ø  Jangan menebang pohon di lereng
Ø  Jangan mendirikan permukiman di tepi lereng yang terjal
Ø  Jangan mendirikan bangunan di bawah tebing yang terjal
Ø  Jangan memotong tebing jalan menjadi tegak
Ø  Jangan mendirikan rumah di tepi sungai yang rawan erosi.

DAFTAR PUSTAKA

  • Wikipedia. 2007. Tanah Longsor. http://id.wikipedia.org/wiki/tanah_longsor. diakses November 2011.
  • Bachri, Moch. 2006. Geologi Lingkungan. Malang : CV. Aksara.
  • Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi. 2005. Pengenalan Gerakan Tanah. Jakarta Mancamedia
  • http://m.Abatasa.com. diakses November 2011.
  • http://www.siwalimanews.com/post/sejumlah_kawasan_di_kota_ambon_rawan_longsor
  • Buku Panduan Pengenalan Karakteristik Bencana Dan Upaya Mitigasinya di Indonesia, Set BAKORNAS PBP
·         http://www.anneahira.com/longsor.html





Tidak ada komentar:

Posting Komentar