Kamis, Mei 09, 2013

Penerapan Cooperative Learning pada Matematika

Berikut ini contoh penerapan cooperative learning pada mata pelajaran matematika:

- Model pembelajaran STAD pada sub pokok materi barisan bilangan

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Matematika
Satuan Pendidikan : SMP
Kelas/Semester : VII/2
Pokok Bahasan : Segiempat
Sub Pokok Bahasan : Persegi Panjang
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit

A. Standar Kompetensi
Mengidentifikasi garis, sudut, dan bangun datar serta dapat menentukan besaran-besaran yang ada didalamnya.
B. Kompetensi Dasar
Menentukan sifat-sifat dan menghitung besaran-besaran segiempat.
C. Indikator
1. Menjelaskan pengertian persegi panjang menurut sifat-sifatnya.
2. Menjelaskan sifat-sifat persegi panjang ditinjau dari diagonal, sisi dan sudutnya.
3. Menghitung rumus keliling dan luas persegi panjang.
D. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini, siswa diharapkan dapat:
1. Menjelaskan pengertian persegi panjang menurut sifat-sifatnya.
2. Menjelaskan sifat-sifat persegi panjang ditinjau dari diagonal, sisi dan sudutnya.
3. Menghitung rumus keliling dan luas persegi panjang.
E. Materi Pembelajaran
Persegi panjang
F. Sarana dan Sumber belajar
Sarana belajar : Lembar Kerja Siswa(LKS), penggaris, kapur, balck board.
Sumber belajar : Matematika untuk SMP kelas VII( Penerbit: Erlangga,YRAMA WIDYA).
G. Metode Pembelajaran
Model pembelajaran : Kooperatif tipe STAD
Metode pembelajaran : Kombinasi ceramah, Tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas.
H. Proses Belajar Mengajar
1. Pendahuluan
a. Guru mengkondisikan fisik.
b. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
c. Guru menjelaskan kepada siswa tentang model pembelajaran yang akan dilakukan yaitu STAD.
d. Guru menyampaikan motivasi kepada siswa tentang manfaat mempelajari materi segiempat
e. Guru menyampaikan apersepsi yaitu mengingatkan kembali tentang garis dan sudut dengan menggunakan metode tanya jawab.
2. Inti 
a. Guru menjelaskan pengertian, sifat-sifat, keliling dan luas persegi panjang dengan metode tanya jawab.
b. Guru membentuk kelompok dan mengatur tempat duduk siswa agar setiap anggota kelompok dapat saling bertatap muka. Setiap kelompok 4 siswa.
c. Guru membagikan LKS. Setiap kelompok diberi 2 LKS untuk dikerjakan bersama
d. Bila ada kesulitan, sebaiknya siswa bertanya kepada anggota kelompok yang lain sebelum bertanya kepada guru.
e. Ketua kelompok harus memastikan bahwa semua anggota kelompok sudah memahami dan mengerjakn LKS yang diberikan guru.
f. Guru berkeliling untuk mengawasi kinerja kelompok
g. Guru memberi kunci jawaban LKS agar siswa dapat memeriksa jawabannya sendiri. Guru tetap sebagai narasumber atau fasilitator jika diperlukan.
h. Setelah selesai mengerjakan LKS secara tuntas, guru memberikan kuis yang dikerjakan secara individu dan tidak boleh bekerja sama.
i. Setelah selesai mengerjakan kuis, guru langsung membahas bersama siswa untuk melihat hasilnya. Siswa yang memperoleh nilai tertinggi diberi tepuk tangan.
j. Guru menyuruh siswa untuk kembali ketempat duduk masing-masing.
3. Penutup
a. Guru bersama siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari dengan metode tanya jawab.
b. Guru memberikan tugas rumah yang dikerjakan secara individu.
I. Penilaian
1. Jenis tagihan : Kuis dan LKS (lampiran 2 &3)
2. Bentuk tes : Uraian

- Model pembelajaran JIGSAW pada sub pokok materi barisan bilangan

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan : SMP 
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : VII / II

Standar Kompetensi : Memahami Konsep segiempat dan segitiga serta menentukan ukurannya.
Kompetensi Dasar :
1. Mengidentifikasi sifat-sifat persegi panjang, persegi, trapesium, jajargenjang, belah ketupat dan layang-layang.
2. Menghitung keliling dan luas bangun segitiga dan segiempat serta menggunakannya dalam pemecahan masalah.
Indikator :
1. Memahami pengertian persegi panjang, persegi, trapesium, jajargenjang, belah ketupat dan layang-layang.
2. Memahami sifat-sifat persegi panjang, persegi, trapesium, jajargenjang, belah ketupat dan laying-layang.
3. Menentukan rumus keliling dan luas bangun segitiga dan segiempat serta menggunakannya dalam pemecahan masalah.
Alokasi Waktu : 6 x 40 menit ( 3 pertemuan )

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai mengikuti kegiatan pembelajaran diharapkan siswa dapat :
1. Memahami pengertian persegi panjang, persegi, trapesium, jajargenjang, belah ketupat dan layang-layang.
2. Memahami sifat-sifat persegi panjang, persegi, trapesium, jajargenjang, belah ketupat dan laying-layang.
3. Menentukan rumus keliling dan luas bangun segitiga dan segiempat serta menggunakannya dalam pemecahan masalah.
B. Materi Pembelajaran
Persegi Panjang, Persegi, dan Jajargenjang.
C. Metode Pembelajaran
Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw.
D. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pendahuluan
a. Guru menyiapkan kondisi fisik kelas.
b. Guru menyiapkan media dan sumber belajar yang akan digunakan dalam pembelajaran.
c. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
d. Guru menyampaikan motivasi tentang pentingnya materi segiempat dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
2. Kegiatan Inti 
a. Penguasaan Materi
1) Guru menyampaikan sekilas tentang materi pembelajaran yang akan dipelajari sebagai pengetahuan awal siswa.
2) Guru membagi siswa dalam kelompok pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan kemampuan yang heterogen.
3) Guru membagi LKS kepada setiap anggota asal. 
4) Guru membimbing dan mengarahkan tiap-tiap kelompok untuk membagi tugas pada masing-masing anggota kelompok.
5) Masing-masing anggota kelompok yang mempunyai tanggung jawab yang sama berkumpul membentuk kelompok yang baru yang disebut kelompok ahli.
6) Siswa mendiskusikan tugasnya dalam kelompok ahli.
7) Guru memantau kerja tiap-tiap kelompok ahli dan memberikan bimbingan.
b. Penularan Materi
1) Siswa kembali ke kelompok asal masing-masing.
2) Tiap anggota kelompok asal saling menularkan, bertanya, menjelaskan dan menggali informasi dan pengetahuan tentang materi yang didiskusikan dalam kelompok ahli kemudian menyatukan semua pengetahuan yang diperoleh menjadi satu kesatuan pengetahuan yang baru.
c. Guru membahas LKS bersama siswa.
d. Siswa bersama guru menarik kesimpulan pembelajaran.
e. Guru memberikan kuis yang harus dikerjakan secara individu oleh siswa.
3. Penutup
a. Dengan bimbingan guru siswa diminta membuat rangkuman pelajaran.
b. Guru memberikan PR.
E. Alat dan Sumber Belajar
1. Alat Belajar : Model daerah jajargenjang
2. Sumber Belajar : 
- LKS
- Matematika untuk SMP Kelas VII 
( Penerbit Erlangga )
F. Penilaian 
1. Jenis tagihan : Tes
2. Teknik : Kuis dan LKS 
3. Bentuk Instrumen : Uraian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar