Rabu, Januari 11, 2012

Essay_“Pemanfaatan Teknologi Sebagai Media untuk Melestarikan Budaya dan Nilai Luhur Bangsa Indonesia”


Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang berideologi terbuka yang mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. Keterbukaan ideologi ini juga menyangkut keterbukaan dalam menerima budaya asing. Dengan kata lain, bangsa Indonesia menerima  pengaruh budaya asing, namun nilai-nilai esensial Pancasila bersifat tetap (bangsa Indonesia sebagai bangsa yang berbudaya tidak menutup diri dalam pergaulan budaya antar bangsa di dunia).
Salah satu contoh budaya asing yang telah diterima di Indonesia yaitu Pemanfaatan Teknologi. Teknologi merupakan salah satu perkembangan globalisasi yang membawa angin perubahan baru dalam kehidupan kita. Angin perubahan tersebut di satu sisi dapat membawa kemajuan dan di sisi lain dikhawatirkan dapat mengikis budaya, moral serta nilai luhur bangsa.
Contoh teknologi yang mempengaruhi kehidupan kita sekarang yaitu teknologi komunikasi dan informasi (handphone dan internet). Sebagai generasi muda yang kreatif, kita harus memikirkan bagaimana cara agar teknologi tersebut dimanfaatkan untuk melestarikan budaya dan nilai luhur bangsa kita. Berikut ini akan dibahas cara pemanfaatan teknologi khususnya pada teknologi komunikasi dan informasi.
ü  Televisi (TV): Masyarakat Indonesia cenderung tidak tertarik lagi pada buku dan bacaan-bacaan melainkan lebih tertarik kepada gambar dan tayangan-tayangan. Untuk itu media Televisi ini dapat dimanfaatkan sebagai media yang dapat memperkenalkan budaya bangsa Indonesia dan merujuk pada upaya pewarisan nilai-nilai  luhur dari satu generasi ke generasi selanjutnya agar masyarakat tidak melupakan kebudayaan dan nilai luhur bangsa.
ü  Handphone (HP): Masyarakat Indonesia dari berbagai kalangan hampir seluruhnya sudah menggunakan HP sebagai alat komunikasi, untuk itu fitur-fitur yang ada didalam HP bisa digunakan untuk saling memperkenalkan dan berbagi informasi mengenai budaya bangsa Indonesia.
ü  Jejaring sosial: Generasi muda di Indonesia pasti tahu mengenai facebook, twitter, dan jejaring sosial lainnya, media-media dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk memperkenalkan kebudayaan kita kepada bangsa lain. Misalnya dengan cara meng-update info mengenai adat istiadat pada pulau-pulau di Indonesia, memajang foto profil dengan pakaian daerah,membuat status dengan bahasa daerah dan tidak lupa menerjemahkannya ke bahasa Internasional agar dapat dimengerti oleh teman dari Negara lain, dll agar bangsa lain dapat melihat kenanekaragaman kita, mengenal nilai luhur kita dan budaya kitapun dilestarikan.
ü  You-tube: You-tube dapat dimanfaatkan sebagai media untuk menampilkan beragam adat-istiadat, tarian, selain itu dapat juga dimanfaatkan untuk menampilkan video-video yang menunjukan walaupun kita beda tetapi kita tetap satu. Contohnya video kerjasama antar umat beragama atau video kerjasama antar daerah.
ü  Blog atau Website: Media ini dapat digunakan untuk menuliskan informasi mengenai sejarah dan budaya di Indonesia dan pada media ini dapat ditampilkan foto-foto baju adat, tarian adat, tempat wisata di Indonesia dll, disini juga dapat didokumentasikan video-video yang berbau budaya suatu daerah di Indonesia.
Dan masih banyak lagi media-media yang dapat kita manfaatkan untuk melestarikan kebudayaan dan nilai luhur bangsa kita. Dengan adanya pemanfaatan tersebut, orang asing ataupun orang Indonesia sendiri bisa mengenal betapa kaya Indonesia akan kebudayaan dan juga beragam bahasa yang dimilikinya.
Dengan demikian kebudayaan dan nilai luhur bangsa kita dapat dilestarikan dan tidak akan hilang akibat perkembangan zaman.
“Cintai Negerimu, Cintai Indonesia dan Jangan Biarkan Kebudayaan Bangsa Hilang Ditelan Zaman !”
Sekian dan terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar